metuomah.com

Selasa, 01 Desember 2020

0

Tarif Tiket Masuk Tebing Breksi per Desember 2020

Mulai 1 Desember 2020, pengelola Taman Wisata Tebing Breksi di Kabupaten Sleman DI Yogyakarta melalui Surat Keputusan Direktur BUMDes Sambimulyo nomor 0128/bumdes.sambimulyo/IX/2020 memberlakukan perubahan tarif masuk wisatawan ke obyek wisata ini.

BUMDes Sambimulyo merupakan badan usaha milik Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Kilas balik dulu, pertama kali menginjakkan kaki ke Tebing Breksi pada akhir Mei 2015 saat peresmian tempat ini menjadi obyek wisata. Aku bersama beberapa teman Blogger Jogja dan komunitas lain mendapat undangan hadir di acara tersebut.

Baca juga:  Tebing Breksi, Destinasi Wisata Khusus di Jogja

Beberapa orang waktu itu berkomentar Tebing Breksi agak mirip dengan Grand Canyon di United States. Untuk naik ke tempat teratas harus menggunakan tangga bambu. Masih teringat kawasan ini diproyeksikan menjadi tempat wisata minat khusus adventure, ditandai dengan mengundang para rider motor trail untuk mencoba "lintasan" Tebing Breksi.

Tebing Breksi 2015
Tebing Breksi 2015.

Kunjungan kedua ke sini terlaksana 2 tahun kemudian, saat Bupati Sleman yang menjabat saat itu, Sri Purnomo meninjau persiapan beberapa tempat wisata di Kecamatan Prambanan, DI Yogyakarta.

Kaget melihat perubahan Tebing Breksi yang dipahat sehingga terlihat menyerupai ukiran naga. Pengunjung yang akan menuju puncak tidak lagi menyeramkan, tinggal menyusuri anak tangga batu yang sudah disusun rapi.

Baca juga: Mengecap Lansekap Buana Dari Sleman Lantai 2


Aku sama sekali tidak memotret perubahannya, lebih fokus pada sambutan para pemangku kepentingan yang menurutku cukup menarik.


Beberapa Blogger Jogja di Tebing Breksi 2015
Sebagian blogger Jogja di Breksi 2015.

Tiket masuk Tebing Breksi mulai 1 Desember 2020

Besaran tiket masuk dibedakan antara wisatawan Indonesia dengan wisatawan asing.

Wisatawan Dalam Negeri 10.000
Wisatawan Luar Negeri 20.000


Sedangkan tarif parkir kendaraan adalah

  • Kendaraan bermotor Roda 2: Rp.2.000
  • Kendaraan bermotor Roda 4: Rp.5.000
  • Kendaraan bermotor Roda 4 minibus : Rp.15.000
  • Kendaraan bermotor Roda 6 s.d. 10: Rp.25.000

Monggo yang akan berwisata ke Tebing Breksi, persiapkan kendaraan secara prima dan bekal yang cukup.

Senin, 28 September 2020

0

Masjid Islamic Center Indramayu, Luas dan Sejuk

Rugi deh kalau sudah sampai Indramayu, Jawa Barat tidak mengujungi Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan, yang terletak di Jalan Soekarno Hatta no 1 Indramayu. Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, sore hari sebelum Maghrib aku bergegas ke tempat ini mengendarai motor. Iya..., motor yang stangnya miring dan getar mulai kecepatan 30 km/jam. Dan belum ada bengkel di kota itu yang bisa memperbaiki 😂.


Ramai masjid Islamic Center Indramayu.
Ramai masjid Islamic Center Indramayu.

Letaknya sangat strategis, tepatnya di Simpang Lima Pekandangan, Indramayu. Tidak heran jika konon sebelum kompleks ini dibangun, menjadi persinggahan bus-bus untuk beristirahat. Aku sempat salah jalan, baik ketika pergi maupun pulang 😀. Harap maklum karena kota ini benar-benar baru bagiku, dan ternyata tidak ada jalan tembus selain harus putar balik 😂.


Tarif parkir motor Rp.3.000, tidak ada petugas khusus yang mengatur parkir. Motor aku parkir begitu saja di area parkir motor yang kosong. Ada juga yang parkir di area lain, aku cuma mengikuti pengendara motor di depanku saja... takut salah tempat.


Parkir motor masjid islamic center indramayu
Parkir motor.

Sepertinya tempat ini terlalu luas sehingga tidak belum semua lahan tergarap dengan baik. Ilalang tumbuh di tempat yang tak terjamah parkir kendaraan, mengisyaratkan kurang perawatan. Dari luas area sebesar 12 hektar, baru dimanfaatkan sekitar 6,5 hektar. Lantai 1 masjid memiliki luas 860 meter/segi yang dapat menampung 1.250 jamaah. Sedangkan lantai 2 masjid luasnya 737 meter/segi yang dapat menampung hingga 1.000 jamaah.

Adapun kluster masjid seluas 1.800 meter persegi mampu menampung sekitar 2.500 jamaah. Sedangkan pelataran penghubung sekitar 1.000 meter persegi diklaim mampu menampung hingga 1.500 jamaah.

Sore itu area masjid sangat ramai dikunjungi wisatawan (termasuk aku 😂). Yang tempat tinggalnya dekat, menuju lokasi dengan menggunakan motor, bahkan ada yang tanpa mengenakan dan membawa helm. Ada juga rombongan dengan minibus, mediumbus, bigbus. Wisatawan biasanya fota-foto dan bergumul di sekitaran air mancur maupun klekaran di lapangan rumput sintetis.

Halaman lapangan islamic center Indramayu.
Halaman lapangan masjid islamic center Indramayu.

Patut disayangkan segelintir wisatawan tidak patuh aturan. Ada anak yang sengaja mandi di air mancur taman, padahal sudah ada papan larangan. orang tuanya bersikap masa bodoh pura-pura tidak tahu. Sekuriti dua kali datang menegur, tapi tetap ndableg. Karena tetap ngeyel akhirnya air mancur dimatikan.



Menjelang adzan maghrib berkumandang, sekuriti laki maupun perempuan mengingatkan wisatawan untuk segera meninggalkan lapangan rumput. Sebisa mungkin lapangan steril manusia ketika shalat berjamaah. Wisatawan diarahkan supaya bergegas menuju ke beberapa titik tempat wudhu. Lagi-lagi banyak yang pura-pura tidak tahu, terutama perempauan yang menyerobot tempat wudhu laki-laki. Padahal tulisan sudah terpampang jelas dimana tempat wudhu perempuan.

tempat wudhu putra
Tempat wudhu putra.

Jarak adzan dengan qomat cukup lama, mengakomodir banyaknya jamaah dan luasnya area masjid. Sebelum adzan berkumandang hingga menjelang qomat, loudspeaker tidak pernah istirahat. Ngerti tho sing tak maksud? Praktek koyo ngene mblader ning jowo loran.


Kubah masjid islamic center indramayu.
Kubah masjid islamic center indramayu.

Bacaan imam shalat bagus, makhraj dan tajwidnya mumpuni. Surat Al-Qur'an yang dibaca cukup panjang. Tidak sia-sia shalat di sini dengan bacaan yang indah, kecepatan shalat juga langsam tidak ngebut.

Selesai shalat maghrib jamaah, ada pengajian rutin yang digelar di ruang utama. Aku tidak mengikuti kajian dan beranjak pulang, takut kemalaman dan diinterograsi sekuriti kompleks 😄.

Menunggu shalat Maghrib berjamaah.
Menunggu shalat Maghrib berjamaah.

Masjid Islamic Center Indramayu memiliki Ada 4 menara yang tingginya sekitar 100 mete, dilihat dari jauh cukup "oke", dari dekat "hmm"....😶. Pada hari Ahad 6 Desember 2020, salah satu menara tersebut patah dan menimpa satu mobil Suzuki Ertiga GX hingga rusak parah. Kemungkinan mobil tersebut keluaran 2017. Berita mengenai hal ini bisa dicari di website pencarian.

Senin, 21 September 2020

0

Ayam Bahagia 71 (Hj Sunarti) Cirebon, Ayamnya Kecil tapi Laris

Sepulang dari jalan-jalan di Grage City Mall dan terjebak hujan, kami memutuskan pulang. Di rumah jelas tidak ada makanan, sehingga wajib jajan makan malam dulu supaya sampai rumah bisa langsung tidur pulas. Terjadi perdebatan kami mau makan dimana, pilhan cukup banyak tapi yang cocok di lidah semua orang (terutama lidah Jawa Tengah - Jogja) tidak banyak 😃. Setelah berkelahi (halah) sekitar 15 menit, kami putuskan makan malam di rumah makan Ayam Bahagia 71 (Hj Sunarti), yang terletak di Jalan Bahagia No. 69 - 71 Cirebon.

RM Ayam Bahagia 71 (Hj Sunarti) Cirebon.
RM Ayam Bahagia 71 Cirebon.
Dari tempat parkir seberang jalan terlihat rumah makan cukup ramai dikunjungi para penikmat ayam kampung. Kami mencari tempat duduk kosong, yang lesehan sudah tidak muat untuk rombongan kami, dan kelihatannya juga kurang menarik. Alhamdulillah ada yang baru meninggalkan meja makan, sehingga kami dapat tempat duduk ideal 😀.
Daftar menu nasi dan lauk.
Daftar menu nasi dan lauk.

Setelah kami duduk, datanglah daftar menu makanan. Selain menu standar, kami juga memesan sayur asem, tempe, dan tahu. Seperti biasa, menu yang datang paling awal adalah minuman! 😁 10 menit menunggu aku sudah meneguk lebih dari setengah gelas teh manis. Kami langsung menyerbu makanan karena dari tadi sudah menahan lapar 😀.

Menu ayam yang kupesan di RM Ayam Bahagia 71
Menu yang kumakan.

Tempe gorengnya tidak recommended, nanti nyesel lho 😋. Kalau tahunya cukup oke, sedang sayur asemnya aku tidak pesan dan tidak kebagian. Jenis ayam yang dijual adalah ayam kampung, yang potongan-potongannya disajikan dengan sunduk potongan bambu.

Daftar menu ayam RM Ayam bahagia 71
Daftar menu Ayam Bahagia 71.
 Baca juga: Sebelum Matahari Tengggelam di Songgo Langit

Ayam gorengnya nikmat, meskipun tidak mendapatkan potongan favoritku karena sudah habis. Bumbu meresap sampai ke dalam, sambalnya juga cukup enak dan pedas. Cuma potongan ayamnya yang nggak kuaattt, kecilll 😂. Memang sih, ayam kampung biasanya kecil-kecil, tapi menurutku di rumah makan ini kurang sebanding dengan harganya.

Yang cukup mengagetkan adalah semua yang tersaji di meja bayar per item 😂. Contohnya adalah sambal, lalapan, dan bawang goreng. Bawang goreng yang tersaji dalam piring saus memang bener-bener lezat, tapi bayar 😁.

Daftar menu lalapan.
Daftar menu lalapan.
Pada umumnya rumah makan di Jogja dan Jawa Tengah, lalapan dan sambal sudah termasuk dalam harga paket ayam, kecuali mau nambah lagi. Daftar menu makanan di rumah makan dekat pelabuhan ini tidak semuanya update. Sebaiknya memang bertanya kepada karyawan dulu saat memesan.
Karyawan membersihkan meja Ayam bahagia 71
Menunggu pulang.

Jika dihitung-hitung, bagi sebagian orang (seperti diriku) harga 1 porsi di Ayam Bahagia 71 (Hj Sunarti) tergolong mahal, karena per item harus bayar. Tapi bisa juga dianggap murah, ketika pengunjung hanya menginginkan misalnya nasi + bawang saja. Meskipun ayamnya kecil dan terbilang cukup mahal, rumah makan ini tetap laris dikunjungi warga dan wisatawan.

Pengumuman cabang Ayam Bahagia 71
Pengumuman pembukaan cabang.
 
Selain di Jalan Bahagia, ada juga RM Ayam Bahagia 71 cabang di Jalan Cangkring 2 nomor 19 Kejaksan, Kota Cirebon. Di sana tempat parkir lebih luas dan tersedia ruang rapat, suasana tentu juga lebih nyaman.

Senin, 14 September 2020

0

Setelah Bersepeda, Makan Soto Pak Eko Blangkon

Berbulan-bulan libur covid memberi banyak waktu santai bersama keluarga. Libur tanggal merah digunakan untuk rekreasi sekaligus berolah raga, paling populer adalah bersepeda. Sebelum pulang ke rumah, biasanya mampir dulu ke warung atau restoran untuk mengisi energi kembali. Sampai rumah tinggal mandi kemudian tidur 😂.

Aku bersama keluarga bersepeda ke arah Stadion Maguwoharjo, kabupaten Sleman DI Yogyakarta. Tempat ini jadi destinasi kami karena terbuka untuk umum. Warga bisa beraktivitas di halaman stadion seperti lari, bersepeda, volley, belajar setir mobil, bahkan berjualan 😀. Bertolak belakang dengan Stadion Mandala Krida milik Pemda Istimewa Yogyakarta yang tertutup rapat untuk kegiatan.

soto ayam dan daging sapi pak eko blangkon.
Soto Eko Blangkon.

Stadion kebanggaan Sleman ini berjarak 7 km dari rumah, dengan medan jalan beraspal dan melewati tanjakan lumayan berat (bagi pemula, dan sepeda jengki). Sebelum sampai stadion, kami mampir ke Soto Pak Eko Blangkon di timur Jogja Bay untuk memulihkan stamina.

Baru pukul 07.00 WiB warung soto ini sudah penuh dengan para pesepeda. Sebagian datang dengan motor dan segelintir menggunakan mobil. Mayoritas adalah para pelancong yang akan atau dari Stadion Maguwoharjo. Karena keramaian itulah sekarang sepeda dikenakan biaya parkir Rp.1.000 😂.

Parkiran Soto Pak Eko Blangkon
Parkir Soto Pak Eko Blangkon.
 

Kami memilih selatan ruangan utama, terdapat 2 meja besar (sepertinya berbahan Jati Belanda). Selagi menunggu pesanan, aku pergi ke toilet. Warung ini fasilitasnya cukup lengkap, toiletnya cukup bersih dan ada tempat untuk shalat.

Soto Pak Eko Blangkon menyediakan 2 menu, soto ayam dan soto daging sapi. Warung ini mengklaim sotonya model Semarangan, sebenarnya sih lebih tepat Pantura Jawa Tengah. Ciri khas soto di sana adalah tanpa tomat, kuah bening, dan tidak manis.

soto sapi eko blangkon
Soto sapi Pak Eko Blangkon.
 

Teh hangat kuseruput untuk menyegarkan badan, manisnya pas. Kuperas jeruk nipis di mangkok soto diiringi sepercik sambal agar rasa tambah mantap. Kuah beningnya bertambah gurih dengan taburan bawang putih goreng di atasnya. Aku memilih soto daging sapi yang ternyata dagingnya empuk dan nyaris tanpa tempelan gajih. Yang paling utama bagiku adalah kuah soto dan daging sapi tidak tercium bau prengus yang memudarkan selera makan.

Dengan sajian seperti itu, harganya cukup murah. Soto daging ayam Rp.8.000 dan soto daging sapi hanya Rp.10.000. Aku tidak menikmati sate kerangnya, karena tidak suka. Sedang tempe goreng stoknya habis 😄, jadi aku cuma makan nasi soto saja.

Soto Pak Eko Blangkon membuka beberapa cabang, yang di Maguwoharjo adalah pusatnya. Lokasi Soto Pak Eko Blangkon https://goo.gl/maps/3sKS71gEQuNYjiHV6

Selasa, 08 September 2020

0

Mampir Makan di Kupat Tahu Asli Blabak Bu Asih 2

Badan sudah mulai penat setelah 1,5 jam berkendara, kami memutuskan istirahat makan siang perjalanan di daerah Blabak, Mungkid Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Warung makan yang menjadi persinggahan adalah Kupat Tahu Bu Asih 2, karena sejalan dari arah Magelang - Jogja. Tempat ini merupakan cabang dari Kupat tahu Bu Asih yang berada di depan pabrik kertas Blabak, berlawanan arah dengan perjalanan kami pulang ke Jogja.

Tempatnya strategis di tepi jalan Magelang - Jogja, parkirnya pun tidak sulit. Ketika tiba di sana sekitar pukul 11.15 WiB, ada seseorang yang telah menyelesaikan santapannya. Setelah kami duduk, dia meninggalkan tempat diantar oleh petugas parkir.

Baca juga: Bubur kacang hijau pilihanku ada di...

Warung bisa memuat 24 pengunjung, dengan fasilitas 2 toilet yang bersih dan tempat shalat. Warung ini hanya menyediakan menu makanan kupat tahu. Bila mau tambahan lauk bisa menambahkan telur goreng ceplok, selain itu juga ada kerupuk. Untuk minuman, tersedia banyak pilihan. Sebagai menu andalan adalah Es dawet, lainnya ada teh, jeruk, krimer, kopi instan, jahe instan, dan sekoteng.

Aku memilih kupat tahu original (tanpa tambahan telur) dan segelas teh hangat. Sedari menunggu racikan kupat tahu jadi, seruput teh hangatnya yang menyegarkan. Tahu baru digoreng setelah ada pesanan, sehingga ketika disajikan tahu dalam keadaan hangat. Saat tahu digoreng, koki mengulek bawang dan cabe (opsional) di piring, persis seperti membuat ketoprak Jakarta. Setelah itu dituang kecap kental manis, disertai potongan kupat.

Tahu yang telah masak dipotong dadu kemudian dimasukkan ke piring kupat dan kuah kecap tadi. Barulah di atasnya diberi sayuran kubis dan tauge. Lapisan paling atas adalah bumbu kacang, bawang merang goreng, dan daun seledri. Bumbu kacang sepertinya gorengan kacang tanah yang ditumbuk kasar, sehingga tekturnya terlihat jelas dan aroma kacang masih terasa.

Baca juga: Dipalak supir taksi Stasiun Tugu

kupat tahu bu asih blabag magelang
Kupat tahu Bu Asih Blabak Magelang.

Kupat tahu Blabag agak berbeda dengan Semarang, atau pantura pada umumnya. Perbedaaan ada pada kekentalan dan manisnya kecap. Kecap pada makanan ini kental banget tanpa campuran air, serta rasanya yang manis sekali. Mungkin cara penyajian juga sedikit berbeda karena bumbu kacang di sini dijadikan topping, bukan langsung dicampur dengan kuah kecap.
suasana kupat tahu bu asih 2 blabak.
Warung Kupat tahu bu Asih 2 Blabak.

Tidak perlu ragu dengan kuliner Blabak ini, enaknya pake banget. Bumbu kacangnya gurih, tahu sutranya lembut dan tidak gosong, dipadu dengan kecap nomor satu. Top markotop...., mungkin bagiku kecapnya terlalu manis dan kental. Ini masalah selera saja sih, solusinya tinggal tambahin air putih di piring 😊. Harganya tidak mahal, hanya Rp.10.000 per porsi, sedangkan teh hangatnya seharga Rp.3.000.