Monday, June 29, 2015

Ayam Goreng Kalasan Wiyono

Ayam Goreng Wiyono.
Saat idul fitri tiba, keluarga besarku mengadakan makan-makan. Karena bosan makan ketupat kami selalu pesan Ayam Goreng Wiyono. Selalu, karena tiap tahun pasti ada ayam goreng ini.

Biasanya saudara pesan beberapa hari sebelum hari "H", kebetulan saudaraku tinggal di daerah Prambanan yang notabene dekat dengan Kalasan. Aku yang bertugas untuk mengambil pesanan ayam Wiyono ini. Terakhir kali bertugas ke Ayam Goreng Wiyono tiga tahun lalu, setelah itu saudaraku sendiri yang mengambil ke Kalasan.


Alamat Ayam Goreng Wiyono
Ayam Goreng Wiyono ada di daerah Kalasan, hanya berbentuk toko kelontong. Aku malah tidak tahu apakah bisa dimakan di tempat atau tidak :). Alamat Ayam Goreng Wiyono adalah di Bendan Purwomartani Kalasan Sleman.

Tepatnya di Jalan Yogyakarta - Prambanan. Sampai di daerah Kalasan, di sisi utara (kiri dari Yogyakarta) ada masjid dengan kubah unik yang terletak sebelum RM Sendang Ayu, atau ke Kantor Pos Kalasan Belok ke utara menyusuri jalan kampung 10 meter, sebelum jalan bercabang akan terlihat toko kelontong dengan papan nama seperti di gambar. Jika bingung telepon saja ;) .
Jalan masuk menuju Ayam goreng Wiyono.
Rasa Ayam
Keluargaku biasa pesan beberapa satu ingkung (ayam utuh) untuk dibawa pulang. Satu paket sudah termasuk lalapan ketimun, selada, dan kubis. Yang spesial adalah gorengan kremes kelapa.

Kenapa suka dengan Ayam Goreng Wiyono? Pertama adalah rasanya gurih, tidak seperti mayoritas ayam goreng Yogyakarta yang manis. Kedua adalah gorengan kremes kelapanya yang kriuk banget. Dan yang ketiga adalah harganya yang relatif lebih murah daripada ayam goreng di Yogyakarta.

Selain ingkung, kita juga bisa pesan menurut selera. Sebagai contoh saudaraku selalu pesan beberapa kepala ayam :). Dan yang terpenting adalah ayam yang dijual adalah ayam kampung.

No comments:

Post a Comment