Bulan Ramadhan adalah bulan dimana diwajibkan bagi orang beriman untuk berpuasa. Pemerintah Indonesia menghimbau (sebagian Pemerintah Daerah mengeluarkan Maklumat) kepada pemilik bisnis kuliner, supaya tidak membuka gerainya di siang hari selama bulan Ramadhan.


Di Yogyakarta, khususnya kota tidak semua gerai, warung, atau rumah kuliner tutup di siang hari, beberapa diantaranya buka dengan terang-terangan.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pemilik usaha kuliner, inilah 3 Rumah makan yang menutup gerainya di siang hari pada Ramadhan 1436 H.

1. Warung Spesial Sambal (Warung SS)
Warung makan waralaba ini seperti yang aku temui tidak buka di siang hari. Biasanya Warung SS buka mulai jam 11.00 - 22.00 (last order) WIB, khusus di bulan Ramadhan semua Warung SS (entah yang ada di mall) buka mulai jam 15.30 - 22.00 WIB.
Salah satu Warung SS.
2. Rumah Makan Bungong Jeumpa
Sama seperti Warung SS, rumah makan yang terletak di beberapa tempat di Yogyakarta juga berubah jam operasionalnya. Rumah makan dengan menu khas Aceh ini buka mulai jam 15.30 - 22.00 WIB.
RM Bengong Jeumpa di Sagan.
3. Rumah Makan Minang Ria
Inilah salah satu rumah makan yang tutup penuh selama bulan Ramadhan. Sejak aku tinggal di Yogyakarta, rumah makan Padang ini 90% selalu tutup di bulan Ramadhan, dan tahun ini baru buka kembali tanggal 20 Juli 2015. Aku ingat hanya sekali rumah makan yang terletak di Jalan Kusumanegara ini buka pada bulan puasa, itupun hanya beberapa hari.

Itulah 3 rumah makan yang tutup di bulan Ramadhan 1436 H, masih banyak rumah makan lain yang melakukan hal yang sama. Insya Allah lain kali (atau tahun depan) aku bisa menulis warung lebih banyak lagi.