Spektakuler, Tarif Parkir saat Liburan di Jogja

Sepertinya sudah menjadi tradisi, ketika musim liburan tiba tarif parkir beberapa lokasi di Yogyakarta naik spektakuler. Termasuk pada liburan lebaran 2015 ini. Seperti yang terpantau di akun Twitter JogjaUpdate, tarif parkir mobil di kawasan Malioboro mencapai Rp. 20.000! Luar biasa..
Tak hanya di kawasan Malioboro saja hal itu terjadi tapi juga di obyek wisata lain di Yogyakarta, khususnya kota. Selain Malioboro, parkir obyek wisata yang sering dikeluhkan pengunjung adalah Kebun Binatang Gembiraloka dan Kraton Yogyakarta.
Sumber: (@Jogjaupdate)
Pihak kebun binatang Gembiraloka sudah mengkonfirmasi bahwa tarif parkir selangit bukan parkir resmi, melainkan pihak yang aji mumpung ingin mendapatkan uang kala liburan.
Lebaran tahun lalu aku mengantar tamu berwisata ke Kraton Yogyakarta. Mobil kami parkir di sebelah barat Pagelaran Kraton (namanya Pracimosono) dan kena parkir Rp. 10.000.

Parkir selangit lainnya adalah di Stadion Mandala Krida. Meskipun tidak liburan asalkan ada pertunjukan tarif parkir naik ratusan kali lipat. Waktu perhelatan Festival Jajanan Bango 2015 lalu, tarif parkir motor Rp. 5.000.

Selain itu juga di depan Gedung Bank Indonesia nol kilometer. Parkir motor di kawasan itu di luar liburan Rp. 3.000. Kalau liburan? Saya tidak tahu.

Itulah yang membuat aku malas ke tempat wisata di Yogyakarta saat liburan. Tidak ada solusi yang bisa kuberikan selain parkir kendaraan di tempat resmi pengelola, atau gunakan transportasi umum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »