Tuesday, August 11, 2015

Sate Padang Asli Jalan Kaliurang Jogja

Aku pernah diajak seorang teman makan di Sate Padang Asli, katanya sih sebagai ucapan terima kasih atas pembuatan artikel untuk salah satu portal komik. Maksud ucapan terima kasih adalah, "Maaf artikel anda tidak menjadi prioritas terbit di portal kami." :) .


Baru pertama kali aku "akan" makan di sini, dalam pikiranku sate padang ini hampir sama dengan sate-sate lainnya. Tapi setelah melihat wujudnya ternyata tidak sama dengan sate Jawa. Ceritanya nanti di bawah, aku mau cerita tempatnya terlebih dahulu.

Lokasi
Sate Padang Asli terletak di Jalan Kaliurang km 5,6 Yogyakarta. Jika start dari kilometer nol, lokasinya ada di sisi kiri atau barat Jalan Kaliurang. Ancer-ancernya di sebelah utara Hoka-Hoka Bento. Tempatnya kecil mungkin seukuran 4 x 3 meter.
Lokasi Sate Padang Asli.

Aku ikut saja pesanan teman, kan ditraktir :) . Minumannya aku pesan jeruk hangat. Sepertinya menunya hanya satu, sate padang. Dan tadaaa..... Lihat penampakannya aku merasa aneh.
Sate padang.

Sate Padang Asli ini disajikan di atas piring plastik dan daun pisang. menggunakan kuah kari kuental full santan. Di atasnya ditaburi kripik singkong manis pedas. Waktu itu hanya diberi 6 tusuk sate dan satu ketupat, entahlah apakah ini paket menu atau menurut pesanan teman.

Rasa
Setelah saya cicipi, hmmm rasa karinya nusuk banget, kripiknya juga enak. Dan saat aku gigit satenya.... Ih,,, kok bukan daging? Usut punya usut, ternyata sate padang identik dengan lidah sapi. Ya... Sate Padang Asli ini katanya bukan daging tapi lidah sapi.

Sepiring sate padang kuhabiskan, mubadzir tak dimakan apalagi gratis. Meskipun habis, aku tetap tidak tertarik dengan bau jeroan dan santan.... Ingat kesehatan.

No comments:

Post a Comment