Bersama bus Efisiensi dari Jogja ke Cilacap

metuomah.com April 08, 2016
Februari lalu aku ada acara di Cilacap jam 10.00 WIB, otomatis kalau berangkat dari Jogja harus berangkat pagi buta. Untungnya itu acara semi formal jadi andaikan telat tak mengapa.

Angkutan umum menuju Cilacap hanya bus. Travel, shuttle, dan kereta api tidak sampai cilacap. Mungkin ada travel dan shuttle bus tapi tidak masuk hitungan karena pasti ongkosnya mahalπŸ˜€

Sebelum pergi aku sudah kepo jadwal bus Jogja - Cilacap di internet. Cuma ada bus Efisiensi yang melayani trayek itu di pagi buta, lainnya tidak ada. Yang penting sampai tujuan deh...

Parkir di Terminal Giwangan
Dari rumah berangkat mengendarai motor usai Shubuh. Sampai di Terminal Giwangan sekitar jam 05.15 WIB, kali ini aku parkir motor resmi selatan terminal. Tempat parkir ini satu area dengan tempat penurunan penumpang bus yang masuk terminal.

Karena baru pertama kali, aku tanya-tanya pada petugas parkir. Kukatakan motor tidak menginap, selanjutnya dikenakan bayaran Rp. 3.000, padahal di karcis tertera Rp. 2.000 (((SERIBUNYA KEMANA?))).
Karcis parkir, disuruh bayar Rp. 3.000.
Nah, sampai di dalam aku parkir di bawah pohon. Ada sih tempat yang tertutup atap tapi ternyata kalau parkir di situ bayar lagi πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜ƒ. Lucu ya..

Bayar Peron
Selanjutnya akau menuju tempat mangkal bus AKAP dengan membayar peron Rp. 500. Aku melakukan kesalahan karena bayar di lantai dasar, padahal jalannya muter-muter dan harus melewati dua peron (jika dari tempat parkir selatan). Ketika melewati peron kedua, kukatakan kalau sudah bayar dengan menunjukkan karcis peron.

Harusnya aku lewat lantai dua saja, di situ hanya melewati satu loket peron. Nggak apa-apa sih di lantai satu, cuma males kalau harus ngomong sama petugas hehehe.

Menuju Efisiensi
Bila naik bus ini dari Terminal Giwangan, caranya datang ke agen di terminal untuk memilih nomor kursi. Biasanya jatah penumpang dari Terminal Giwangan dapat di deretan supir (kanan), yang sebelah kiri untuk penumpang dari pool Ambarketawang.

Bayar tiket Rp. 60.000 langsung pada kondektur bus setelah bus keluar terminal. Penumpang mendapat fasilitas air mineral Cleo 550 ml.

Lama Perjalanan
Bus ke Cilacap akhirnya berangkat jam 06.00 WIB. Dari terminal menuju pool Ambarketawang sekitar 40 menit, tergantung kepadatan jalan. Bus baru diberangkatkan menuju Cilacap sekitar jam 07.03 WIB 😞. Begitulah, keluar kota Jogja saja sudah butuh 1 jam lebih.
Dangdut kesukaan supir.
Ambarketawang hingga pool Bus Efisiensi di Kebumen membutuhkan waktu 2 jam. Di pool bus Efisiensi di Kebumen, penumpang dapat beristirahat dan mandi (jika sempat) selama 10 menit. Setelah itu baru berangkat menuju Cilacap.

Kebumen - Cilacap dengan bus sekitar 2 jam, sehingga total perjalanan dengan bus Efisiensi adalah 5 jam 15 menit 😟. Menurutku bus berjalan santai, tidak mengejar waktu.

Perjalanan yang Membosankan
Jalan pantai selatan Jawa relatif sempit, kecuali ruas Purworejo - Jogja. Jalan yang datar dan lurus cukup membuat bosan, apalagi bila jalanan padat bisa dipastikan kendaraan seperti main game "Snake", mengular susah menyalip.
Pool bus Efisiensi Kebumen.

Bila ada angkutan alternatif lain yang lebih murah dan cepat, saya pasti akan memilihnya. Wacana adanya kereta api Solo - Cilacap sampai saat ini hanya rencana yang tak kunjung terealisasi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »