Puncak akan selalu menjadi pilihan lokasi objek wisata warga sekitar Jakarta. Wisata Puncak Bogor tidak harus memerlukan biaya yang sangat mahal untuk menikmatinya. Puncak yang memberikan tawaran yang memikat secara geografis berada di pegunungan yang membentang antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Dengan kondisi iklim yang sangat sejuk dan segar, pemandangan yang hijau menyegarkan dengan panorama alam yang masih alami membuat Puncak memiliki reputasi yang sangat terkenal diantara peminat perjalanan.

Jika Anda yang sudah penat dengan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari, bekerja atau hanya melakukan pekerjaan rumah maka Anda harus sekali-kali menikmati liburan di Curug Cilember Bogor. Untuk menempuh tempat wisata Curug Cilember Bogor tidak terlalu sulit dan mudah ditempuh oleh banyak orang.

Dari Kota Bogor ke lokasi Curug Cilember Bogor hanya memiliki jarak tempuh sekitar dua puluh kilometer atau dari Jakarta jika dalam keadaan normal bisa dicapai kurang lebih sekitar satu jam. Di Curug Cilember Bogor banyak menawarkan pemandangan keindahan yang sangat alami karena masih terletak di wilayah yang sangat bebas dari polusi. Untuk sampai ke lokasi melewati jalan yang sangat kecil dan sangat menantang.

Letak dari Curug Cilember berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua Puncak. Jika Anda dari Jakarta dan mengendarai mobil pribadi, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam jika dalam kondisi lalu lintas sedang normal.

Keindahan di Curug Cilember Bogor ini menyajikan juga bunga dan tanaman seperti bunga anggrek yang sangat menarik bagi para pengunjung curug. Air terjun yang berada di curug ini sangat unik, karena memiliki tujuh air terjun yang secara berurutan dan berderet yang bisa dinikmati di dalam kawasan yang sama, sehingga mendapat julukan curug 7. Air di Curug ini sangat bersih dan jernih sekali.

Air terjun tertinggi mencapai 40 meter, semakin kecil nominal angkanya, maka semakin tinggi pula letak air terjun tersebut. Akan tetapi curug yang paling banyak dan sangat sering sekali dikunjungi adalah curug yang ketujuh, karena ada keyakinan bahwa curug ini bisa memberikan khasiat sebagai obat awet muda, mempercepat agar dapat jodoh serta dapat menyembuhan penyakit. Jarak dari pintu masuk ke curug sekitar 300 meter atau 15 menit dengan ditempuh jalan kaki. Curug ketujuh ini memiliki dua limpahan air.

Biasanya setelah menikmati curug ke tujuh akan melanjutkan ke curug ke lima karena hanya memerlukan jarak sekitar 450 meter atau sekitar 30 menit dengan berjalan kaki. Di curug ke lima ini tinggi dan bertingkat-tingkat dengan terdengar sekali gemuruh curahan airnya yang indah sekali dan jernih.

Untuk bisa menempuh curug ke enam belum bisa ditempuh karena masih belum terdapat jalan setapak yang bisa dilalui. Setelah curug ke lima, bisa langsung menuju curug ke empat dan ke tiga yang letaknya tidak terlalu jauh. Jarak untuk menempuh curug ke empat ini dari curug ke lima hanya sekitar 150 meter atau selama 15 menit jika berjalan kaki. Sedangkan jarak ke curug ke tiga dari curug ke empat sekitar 100 meter atau mencapai 10 menit dengan berjalan kaki.

Jika Anda akan menuju kedua curug tersebut, membutuhkan perjuangan yang sangat berat karena kondisi jalannya yang sangat licin, berbatu, terjal dan juga banyak terdapat lintah yang ada di dedaunan sepanjang jalur perjalanan.

Selain adanya bunga anggrek yang menawan, panorama alam lainnya terdapat 12 jenis kupu-kupu yang hidup di tempat ini. Curug Cilember ini berada di dalam kawasan hutan lindung Bogor-Puncak-Cianjur (Bopunjur) dengan memiliki ketinggian sekitar 800 meter dpl

Jika Anda akan menuju ke Curug Cilember rute yang paling mudah adalah ke jalan raya Bogor – Puncak sebelum Pasar Cisarua atau gerbang Desa Cilember. Jika masih bingung untuk menuju kesana sebelum pasar tanyakan saja jalan yang menuju lokasi objek wisata. Akses dari jalan raya ke pintu gerbang curug berjarak sekitar 3 km dengan kondisi jalan cukup kecil tetapi masih bisa dilewati oleh kendaraan roda empat.

Di sekitar daerah Curug Cilember terdapat penginapan sejenis Cottage yang telah disediakan oleh pengelola. Jika Anda merasa bahwa menikmati keindahan alam ini di Curug Cilebut belum memuaskan, Anda akan bisa bermalam disekitar lokasi karena terdapat Villa Mutiara Cilember, Villa Andre dan Villa Datuk Hakim Cilember.    Atau jika anda ingin mencari hotel di sekitar puncak Anda bisa lihat di traveloka.com

Di dalam Curug Cilember juga terdapat laboratorium penangkaran kupu-kupu yang bisa Anda datangi untuk mendapatkan informasi tentang kupu-kupu. Selain itu di Curug Cilembut juga menjadi tempat pilihan untuk kegiatan hiking dan tracking karena memiliki hutan pinus yang sangat rimbun.

Tarif untuk menikmati keindahan Curug Cilebut adalah sebesar Rp. 6.000. Jika Anda membawa kendaraan pribadi aka nada biaya tambahan sebesar Rp. 8.000 untuk mobil dan Rp. 4.000 untuk motor.