Wednesday, June 15, 2016

Buka Puasa Ramadhan 1436 di Masjid Kampus UGM

1 Ramadhan 1436 Hijriah bertepatan dengan hari Kamis, 18 Juni 2015. Sudah menjadi tradisi di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Maskam UGM), pada pekan pertama Ramadhan menyediakan 1500 porsi buka puasa, dan porsinya terus menurun di pekan selanjutnya.

Tulisan ini adalah pengalaman buka tahun 2015 di Masjid Kampus UGM.

Penurunan jumlah porsi buka puasa menjelang Idul Fitri lebih dikarenakan sudah banyak mahasiswa yang mudik ke kampung halaman, sehingga yang datang ke Masjid Kampus UGM sudah pasti berkurang.

Dulu pernah satu ketika menu makanan di masjid ini lumayan mewah karena mendapat bantuan atau donasi dari berbagai kalangan baik dalam maupun luar negeri. Tapi setelah musuh takut dengan dana melimpah, donasi dari luar negeri sulit masuk dan menu makanan buka puasa balik lagi ke default (baca: nasi separuh lauk telur :))

Aku mencoba ikut buka puasa di sini 2 Ramadhan 1436, sekalian balik dari tempat kerja. Ternyata sistemnya telah berubah banyak. Selengkapnya seperti ini;

1. Ambil kupon buka puasa di panitia.


2. Antri mengambil nasi bungkus.


3. Ambil segelas air teh, bila habis ambil air putih.

4. Menunggu adzan Maghrib.

5. Makan di serambi atau halaman masjid.



Bagaimana dengan tahun 1437 H? Tahun ini aku belum sekalipun buka puasa di Masjid Kampus UGM, kuyakin tidak jauh dari tahun-tahun sebelumnya.

No comments:

Post a Comment