Saturday, August 27, 2016

Soto Kudus Murah Waroeng Serata

Ada sebuah warung makan di Jalan Babaran Timur, Umbulharjo Yogyakarta yang memikat perhatian saya. Banner warung tersebut menyebutkan mereka menjual berbagai macam soto dan sop. Maka datanglah saya ke Waroeng Serata; nama warung tersebut untuk mencicipi makanannya, sebelum warung tersebut tutup selamanya 😀.

Kenapa harus mencoba dan menuliskannya sekarang? Rata-rata warung makan di Jalan Babaran Timur tidak begitu laku, terlebih yang berada di sisi selatan jalan. Karena tidak bisa menutup biaya operasional, terpaksa warung-warung makan tersebut ditutup pemiliknya.

Serba 5.000
Waroeng Serata menyediakan berbagai menu soto dan sop. Kita bisa memilih daging sapi atau daging ayam, dan hampir semuanya serba Rp. 5.000! Nasi soto campur (nasi) daging ayam hanya Rp. 5.000, jika nasi dipisah cuma selisih Rp. 1.000. Sedangkan nasi soto campur (nasi) daging sapi hanya Rp. 6.000. Murah kan? Apalagi nasinya lumayan banyak 😁.
Soto Kudus Waroeng Serata.
Saya pesan Nasi Soto Kudus campur, nasi dan soto dalam satu mangkok besar. Dengan harga Rp. 5.000 rasa Soto Kudusnya lumayan enak, jika ingin lebih enak bisa menambah sendiri bawang goreng, daging ayam, dan kecap udang di rumah.

Di meja warung tersedia kecap, sambal, dan garam. Karena bukan warung yang khusus menjual Soto Kudus, kecapnya pun bukan kecap udang.
Menu Waroeng Serata. (Klik untuk memperbesar)

Tersedia juga tahu bacem dan beberapa macam kerupuk. Tapi saya punya kebiasaan jika makan soto tidak tergiur makan makanan lain, jadi skip saja aneka jajanan warung ini.
Jam buka warung
Waroeng Serata buka dari jam 07.00 – 22.00 WiB nonstop. Meskipun di banner tertulis Gado-gado dan pecel, warung ini hanya menyediakan aneka soto, sop, dan beberapa minuman.

Dalam artikel ini saya hanya menulis Soto Kudus, meskipun saya sudah mencoba beberapa menu di Waroeng Serata.

Update 8 September 2016
Setelah 3x makan soto Kudus di warung ini, saya simpulkan:
  • Tidak ada standar penyajian soto Kudus. Kadang mendapatkan banyak daging ayam, kadang sedikit. Kadang dapat mangkok besar seperti gambar, kadang mangkok standart soto Kudus.
  • Lebih baik minta tidak diberi kecap oleh pramusaji, daripada nanti tidak termakan karena kebanyakan kecap.
Update 1 Maret 2017
Dugaan saya benar, Warung Soto Serata tutup per Februari 2017.

No comments:

Post a Comment