Bagi yang sering ke daerah Sagan, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta; terutama yang ke Jogja Digital Valley, mungkin tahu keberadaan warung Mie Ayam Berkah Tunggal Rasa 3R (panjang banget namanya). Letaknya berada di sisi barat Jl. Prof. Herman Yohanes Yogyakarta, dekat dengan Warmindo  Sagan [baca Nasi Telur Warmindo Sagan], menghadap ke barat.

Warung berukuran sekitar 2x4 meter ini bergitu laris pembeli, sehingga saya menjadi penasaran seperti apa rasa mie ayam warung ini. Selepas Dzuhur sayapun berniat makan siang di warung ini.
Warung Berkah Tunggal Rasa 3R.
Karena di dalam penuh (hanya bisa menampung 5 orang), setelah memesan mie ayam saya mengambil posisi duduk di seberang warung. Ada 3 kursi yang disediakan, tempatnya adem di bawah pohon yang melindungi dari sengatan matahari.

Beberapa saat kemudian mie ayam datang, saya suka penyajiannya karena tidak langsung diberi saos dan kecap. Kita bisa menuangkan saos, kecap, dan sambal menurut selera kita.
Mienya penuh.
Mangkoknya penuh dengan mie kuning. Ayamnya sendiri sepertinya dimasak semur (atau bumbu kecap). Ditambah daun sawi dan dua pangsit sebagai toping.

Rasa mienya agak-agak gimana, yang jelas beda dengan rasa mie instan (saya pilih mie instan, hehehe), dan tidak ada bawang merah goreng di atasnya. Untuk pangsit sepertinya pemilik warung tidak membuat sendiri. Saya suka pangsit yang layu kena kuah, tapi pangsit ini susah sekali tetap keras ketika dicelup kuah.

Meskipun begitu, saya puluhan kali makan di warung ini,... hehehe. Tidak ada pilihan warung mie ayam lain di sekitar JDV, sehingga jika ingin makan mie ayam pasti ke sini :). Harganya juga murah dengan mie dan ayam sebanyak itu. Selain mie ayam, si warung juga menyediakan bakso dan mie ayam bakso. Silahkan mencoba...