Paket Menu Buka Puasa Disiapkan Nglathak selama Ramadhan

Awal tahun 2017 aku diajak teman-teman makan di "Nglathak", sejenis warung sate klathak dengan konsep Instagramable di tengah kota Jogja. Tepatnya di Gang Seruni No. 7 Karangasem Baru, Catur Tunggal Depok Sleman. Kira-kira 300 meter selatan Masjid Nurul Ashri Deresan, lalu masuk ke kiri.

Selasa 23 Mei 2017, aku diajak lagi ke sini untuk mencicipi menu buka puasa Ramadhan, yang akan datang sekitar sepekan lagi. Melihat menu yang dulu pernah kucicipi, ternyata ada sedikit perubahan. Harganya lebih mahal 😊, karena porsi nasi dan sate lebih banyak. Perubahan lain adalah penggunaan beras biasa untuk menggantikan beras organik. Pak Masto, pemilik Nglathak mengatakan bahwa perubahan ini dikarenakan mayoritas pelanggan warung adalah mahasiswa, mereka tidak peduli dengan beras yang dimakan, yang penting kenyang 😀.

Sate Nglathak.
Nglathak berusaha memanfaatkan potensi petani lokal yang ada di Yogyakarta, dan sampai saat ini semua bahan baku lokal masih dipertahankan. Sedangkan daging kambing yang dipakai berasal dari Bantul, bukan kambing muda tapi kambing atau domba afkir; artinya domba yang sudah tidak produktif (beranak) lagi. Meskipun afkir, namun rasanya tetap enak, tidak amis, dan empuk.
Membakar sate.
Resep keempukan sate Nglathak adalah menggunakan resep tradisional; daun pepaya. Bukan rahasia lagi kalau daun pepaya dapat membuat empuk daging dan meminimalisir bau amis kambing.
Menu Nglathak.
Sedangkan pembakaran daging kambing tidak menggunakan arang hitam melainkan briket batubara yang panasnya lebih stabil.
Paket Ramadhan 1.
Paket menu buka puasa yang kumakan adalah Nasi goreng rempah ayam, rasa bumbu rempahnya terasa di lidah. Ada 3 keping emping, 2 irisan ketimun, dan seiris tomat sebagai penghias. Level pedasnya bisa milih lho, dari level 1-5. Selain nasi goreng rempah, menu yang menawarkan level pedas adalah kuas gule. Menurut Pak Masto, semua masakan di warung ini agak berbau Timur Tengah, yang terkenal dengan rasa rempahnya yang kuat.
Sate klathak manis.
Perbedaan lain penyajian menu sate adalah cetakan nasi berubah kotak, selain itu ada rempeyek cabe dari Turi, Sleman. Menurutku rempeyek cabe tidak begitu pedas, pas sebagai teman makan sate.

Adapun paket buka puasa Ramadhan yang ditawarkan adalah:
PAKET RAMADHAN 1
Nasi Goreng Rempah Ayam
Koktail Bunga Telang
Air Mineral 330 ml
Rp 14.000

PAKET RAMADHAN 2
Nasi Goreng Rempah Kambing
Koktail Bunga Telang
Air Mineral 330 ml
Rp 17.000

PAKET RAMADHAN 3
Sate Klathak Ori
Nasi Putih
Koktail Bunga Telang
Air Mineral 330 ml
Rp 24.000

PAKET RAMADHAN 4
Sate Klathak Manis
Nasi Putih
Koktail Bunga Telang
Air Mineral 330 ml
Rp 24.000

PAKET RAMADHAN 5
Sate Klathak Mozzarella
Nasi Putih
Koktail Bunga Telang
Air Mineral 330 ml
Rp 26.000

Pilih mana ya? Kok enak semua... 😜

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »