Thursday, November 9, 2017

Menu Tokyo Bowl Apa yang Jadi Favoritmu?

Apa tuh Tokyo Bowl? Wikipedia menerangkan pertandingan tahunan American Football di Tokyo yang mempertemukan antara peringkat kedua Kansai Collegiate American Football League dan peringkat kedua Kantoh Collegiate American Football Association. Definisi Tokyo Bowl yang populer adalah menu makanan nasi lengkap dalam satu mangkok, dengan topping rumput laut dan daun bawang. Tentu saja menu tersebut dari negara Jepang.

Satu restoran yang menyajikan menu tersebut di Indonesia adalah HokBen, dengan menawarkan 5 varian menu yaitu Tori Soboro, Gyu Soboro, Chicken Steak, Chicken Katsu Tare, dan Chicken Karaage.
HokBen Jalan Kaliurang.
Ketika ke Hokben Jalan Kaliurang Sleman, DIY 3 November 2017 lalu, aku dihadapkan dua pilihan menu Tokyo Bowl; Chicken Karaage atau Chicken Steak? Akhirnya kupilih Chicken Karaage karena aku suka masakan yang digoreng. Eh, kelima menu tersebut komposisinya apa saja? Ini dia komposisi kelima menu Tokyo Bowl dari web restoran yang didirikan pada tanggal 18 April 1985 ini.

Tori Soboro
Daging ayam cincang dengan saus teriyaki khas HokBen (Teriyaki Soboro). Disajikan di atas semangkuk nasi, dengan topping potongan rumput laut dan daun bawang.

Gyu Soboro
Daging sapi cincang dengan saus teriyaki khas HokBen (Gyu Soboro). Disajikan di atas semangkuk nasi, dengan topping potongan rumput laut dan daun bawang.

Chicken Steak
Daging ayam panggang tanpa tulang yang dibumbui saus teriyaki dengan rasa manis dan gurih. Disajikan di atas semangkuk nasi, dengan topping potongan rumput laut dan daun bawang.

Chicken Karaage
Daging ayam berkualitas dan terpilih yang dimasak dengan teknik Deep Frying Oil sehingga menghasilkan tekstur tepung yang garing dan renyah. Disajikan di atas semangkuk nasi, dengan topping Mayonaise Khas HokBen, potongan rumput laut dan daun bawang.

Chicken Katsu Tare
Daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan bread crumbs dan bumbu khas HokBen yang dimasak dengan metode Deep Frying Oil. Disajikan di atas semangkuk nasi, dengan topping Saus Tare Khas HokBen, potongan rumput laut dan daun bawang.
Menu Tokyo Bowl.

Sambil menunggu makanan dihidangkan, aku yang datang bersama Komunitas Blogger Jogja beramah tamah dengan jajaran HokBen Kaliurang. Perkenalan pertama dari Pak Arman selaku Local Marketing, Ibu Katrina selaku Marketing Communication, dan Pak Sutrisno selaku Store manager; ketiganya bagian dari HokBen Kaliurang.

Makan malam dengan Tokyo Bowl Chicken Karaage
Lepas Maghrib, menu yang dipesan pun tiba. Menu pertama yang hadir adalah Yakitori Grilled; daging ayam tanpa lemak yang dipotong dan ditusuk dengan bambu, kemudian dipanggang dengan Saus Teriyaki khas HokBen. Bahasa Indonesia masakan ini adalah sate ayam.

Selanjutnya datanglah minuman yang kupesan, Koori Konyaku Lychee, sejenis minuman dingin dengan jelly dan sirup lychee. Dan terakhir adalah Chicken Karaage.

Yakitorinya empuk dan lembut, bumbu meresap dan panggangan tidak gosong. Koori Konyaku Lychee memenuhi gelas, aku agak heran kok esnya nggak cair-cair? Hahaha... ini pertama kalinya 😀, kukira hanya es lychee biasa ternyata ada jelly (agar-agar) di dasar gelas. Memang agak susah nyeruput jelly dengan sedotan 😁.

Nasi HokBen rasanya sangat khas, dimakan tanpa lauk pun sudah terasa enak. Apalagi ditambah daging ayam yang empuk berbalur mayonaise, plus rumput laut (disebut juga seaweed atau nori) dan daun bawang... mantab deh. Awalnya saat melihat porsi Tokyo Bowl tidak akan habis, realita bicara habis tanpa sisa! 😃

Chicken Karaage jadi favoritku karena memang menyukai masakan ayam goreng HokBen. Kalo kamu suka menu Tokyo Bowl apa?

No comments:

Post a Comment