Akhir-akhir ini banyak yang bertanya kalau dari Pekalongan ke Jogja enaknya naik apa? Aku bukan orang yang lalu lalang trayek itu, setahun sekali pun belum tentu. Ada yang lebih berpengalaman dalam hal ini, tapi tidak menuliskannya. Artikel ini hanya berbagi informasi yang kuketahui, jika ada kesilapan harap maklum.
Tiket Kamandaka.

Belum ada transportasi udara pesawat terbang dan kapal laut yang melayani trayek rute Pekalongan – Yogyakarta, jadi mohon jangan ditanyakan ya.

Tranportasi darat Pekalongan ke Jogja

1. Travel
Hanya moda inilah yang memiliki izin trayek langsung, tapi aku tidak tertarik menggunakan dan tidak merekomendasikannya pada saudara dan teman dekat.

2. Suttle bus
Katanya sih ada, aku belum pernah naik moda ini (biasanya minibus 14 penumpang). Paling tidak layanannya lebih bagus dari travel, dari sisi ketepatan keberangkatan dan pengemudi.

3. Bus
Tidak ada bus yang langsung menuju Jogja. Alternatifnya naik bus:
- Pekalongan – Pemalang, pindah bus ke Purwokerto, pindah ke Jogja.
- Pekalongan – Banjarnegara, pindah bus patas ke Jogja.
- Pekalongan – Semarang, pindah bus ke Solo atau langsung Jogja.
- Pekalongan – Solo (trayek Jakarta - Solo via Semarang), lanjut ke Jogja.

Sebagai catatan, rute pendek dari Pekalongan dilayani bus kecil (bus tuyul) dan bus sedang.

4. Kereta api
Banyak kereta api yang melintasi Pekalongan, tinggal pilih menurut selera. Karena ini merupakan moda transportasi favorit, maka akan diulas lebih panjang. Aku hanya menyebut kota tujuan pertama dari Pekalongan, transportasi selanjutnya dijelaskan pada keterangan.

A. Pekalongan – Semarang
Banyak kereta yang melayani jalur ini, yang menjadi favorit adalah KA Kaligung dan KA Kamandaka karena harga tiket relatif murah. Dari Semarang bisa mencari alternatif travel, suttle bus, bus atau kereta api. Sayangnya tidak ada kereta api menuju Jogja, hanya ada KA Kalijaga Semarang Poncol – Solo Balapan yang berangkat tiap jam 09.00 WIB. Setelah sampai Solo Balapan, sambung dengan KA Prameks jurusan Solo Balapan – Yogyakarta Tugu.

B. Pekalongan – Solo Jebres
Hanya kereta api jurusan Jakarta – Malang yang melayani rute ini yang rata-rata sampai di Stasiun Solo Jebres dini hari. Untuk melanjutkan perjalanan ke Jogja bisa naik travel, bus, atau kereta api. Jika ingin naik KA Prameks ke Jogja, harus pindah ke Stasiun Balapan atau Purwosari.

C. Pekalongan – Cirebon
Mungkin tiket kereta api ke Cirebon relatif mahal, moda bus patas bisa menjadi alternatif perjalanan. Dua stasiun melayani tujuan Jogja yaitu Stasiun Cirebon dan Prujakan, dari kereta api keberangkatan Jakarta.

D. Pekalongan - Purwokerto
Dilayani oleh KA Kamandaka, kemudian lanjut ke Jogja dengan travel, suttle bus, bus maupun kereta api. KA Joglokerto reguler Purwokerto - Solo Balapan bisa jadi pilihan, selain kereta api yang melaju dari Jakarta.

Pilihan terbaik adalah A dengan tarifnya yang ramah backpacker 😀. Total biaya yang dikeluarkan hanya Rp58.000 (per Februari 2018), meskipun melelahkan dan menghabiskan banyak waktu.

Semua jadwal kereta api bisa dilihat di situs KAI dan agen tiket resmi, kecuali KA Kalijaga dan KA Prameks yang melayani rute pendek. Perlu diingat, pesanlah tiket saat bepergian akhir pekan. Jika tiket habis, hanya bisa berdo'a mengharap pembatalan tiket penumpang di depan loket stasiun keberangkatan.

Artikel Terkait:
- Pilihan Transportasi dari Jogja ke Pekalongan