Cikis, Lini Usaha Cake & Bakery dari Bale Ayu

Siang yang terik tidak menyurutkan niatku ke Cikis Cake & Bakery, toko roti yang baru diresmikan 13 Februari 2018 di Jalan Pringgokusuman 16 Yogyakarta. Selain membeli roti, juga ingin memotret beberapa sudut ruangan dan produk Cikis. Memang bukan waktu ideal, tapi hanya itu waktu senggang yang kupunya. Jangan tanya hasil potretnya ya, cuma menggunakan gawai untuk keperluan Local Guide 😀.
Cikis Bakery.
Jalan ke arah barat dari Malioboro ini cukup lengang, tidak semacet jalan-jalan utama. Apalagi ini hari Ahad, orang lebih banyak melewati jalan tempat wisata. Saat kuparkirkan motor, terlihat beberapa karyawan sedang melipat kardus. Saat kubuka pintu masuk, mereka malah menghentikan pekerjaan itu dan pindah ke belakang. Yah, sedikit kecewa, padahal ingin swafoto bersama mereka, hehe.

Kulepaskan nafas panjang saat pendingin ruangan menerpa tubuh, kontras sekali dengan cuaca luar yang panas. Melangkahkan kaki ke ruangan berukuran sekitar 8x12 meter langsung disambut meja kursi penerima tamu. Di belakangnya terlihat aneka tart dan brownies yang tersimpan dalam lemari pendingin, sederet dengan lemari kue bolu. Rak di bagian tengah ruangan, terpajang rapi bakery (roti basah) dan bread dengan berbagai varian. Lalu berbagai kue kering dipisahkan di sisi kanan. Sedangkan rak paling belakang diperuntukkan cemilan oleh-oleh non cake & bakery. Jadi, sebenarnya tempatnya sudah tertata dari kiri ke kanan, yaitu deretan cake, bakery, dan cookies.
Ruangan Cikis Cake Bakery.
Aku langsung menuju rak di sisi kanan, terdapat bermacam kue kering cantik semacam kastangel dan teman-temannya. Kupilih satu stoples Choco Square Stick, kemudian berpindah mengitari rak roti basah. Hmmm, agak bingung karena banyak varian. Mbak Bertha yang bertugas saat itu dengan sabar menjelaskan varian roti dan kue, beserta harganya. Maklum, aku tidak hafal jenis cake dan bakery, apalagi jika tanpa ada nama yang tertera di rak atau produk.

Katanya harga termurah Rp4.000, aku jadi ingin membeli semua. Tapi kantong kemeja berbisik mengingatkanku hahaha.. Akhirnya kupilih melted cheese, banana cheese, banana choco, dan pizza. Varian yang kupilih adalah kesukaan keluargaku. Mohon jangan bandingkan pizza toko roti dengan restoran, jelas beda.
Free tester, silakan ambil.
Di meja kasir tersedia 3 roti yang bisa diicip, ketiganya adalah produk unggulan Cikis. Japanese Cheese Cake, Banana Cheese Cake, dan Choco Square Stick. Produk terakhir adalah kue kering, dengan lapisan atas cokelat memanjang berbentuk setengah lingkaran. Menurutku kue ini cocok untuk cemilan dan hidangan tamu. Rasanya gurih, tidak terlalu manis, serta dominan rasa cokelatnya. 

Tahu Cikis Cake & Bakery darimana?
Tanda-tanda kemunculan Cikis Cake & Bakery sudah terendus beberapa waktu lalu, terutama bagi pengikut akun media sosial grup Bale Ayu. Iya, benar. Cikis merupakan lini pertama grup Bale Ayu di ranah makanan ringan. Sebelumnya, grup ini sukses menelurkan berbagai lini usaha makanan berat.

Sehari sebelumnya (7/4/2018), aku sudah datang ke Cikis dan disambut beberapa jajaran manager grup Baleayu termasuk GM Yudhiono. Sempat juga masuk ke dapur berukuran 8x8,5 meter dan melihat sekilas pembuatan roti. Proses produksi sudah menggunakan mesin modern dan memenuhi standar kebersihan.
Choco Square Stick.
"Cikis berasal dari bahasa Turki yang berarti pintu atau jalan keluar. Harapannya dapat menjadi solusi bagi masyarakat Jogja untuk mendapatkan bermacam oleh-oleh." Tandas Yudhiono kala itu.

Harga roti di Cikis cukup terjangkau karena segmentasi untuk kalangan menengah ke bawah. Selain menerima pembayaran tunai, juga bisa menggunakan non tunai seperti uang elektronik, kartu debit, serta kartu kredit. Dan yang terpenting, tanpa ada tambahan pajak!

Reputasi layanan grup Bale Ayu selama ini bagus, termasuk layanan antar. Nah Cikis juga menyediakan layanan antar minimal Rp100.000 serta melayani pesanan sesuai permintaan dan bujet pelanggan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
4/12/18, 12:02 PM delete

mau choco square sticknya satu topless :9

www.dismonimo.com

Reply
avatar