Sudah pernah naik Kereta Api (KA, selanjutnya disebut kereta saja) Kalijaga relasi Solo Balapan Semarang Poncol? Aku belum pernah, jadwal keberangkatan yang tidak bersahabat membuatku tidak menggunakan kereta, meskipun harga tiketnya sangat murah (mendapat subsidi). Dari Solo Balapan (per Mei 2018) berangkat pukul 05.20 WIB, aku harus berangkat pukul berapa? Itupun hanya dilayani sekali perjalanan per hari.
Tarif karcis salah satu bus Solo - Semarang.

Kebalikannya, KA Kalijaga dari Semarang ke Solo yang berangkat pukul 09.00 WIB hampir selalu penuh. Bahkan aku pernah tidak kebagian tiket dua bulan lalu, padahal di tengah pekan belum musim liburan. Ceritanya, aku tidak memesan tiket karena biasanya selalu ada tiket pada hari keberangkatan. Sesampainya di loket stasiun, terpampang pengumuman tiket KA Kalijaga sudah habis, padahal waktu keberangkatan masih 30 menit lagi.

Tiket KA Kalijaga bisa dipesan 30 hari sebelum tanggal keberangkatan. Pemesanan hanya dilakukan di stasiun yang disinggahi dengan menyertakan kartu identitas.

Naik bus
Karena itulah penumpang memilih transportasi lain berupa bus. Aku kurang tahu keberadaan travel dan shuttle bus saat ini, tidak tertarik menaikinya kecuali sponsor mewajibkannya ­čśÇ. Ada beberapa perusahaan otobus yang melayani jurusan Solo - Semarang, tidak hanya berasal dari Jawa Tengah tapi juga Jawa Timur.

Semua bus Solo Semarang (PO Jawa Tengah) berpendingin ruangan dengan tempat duduk 2-2. Beroperasi 24 jam, pada jam-jam sibuk, waktu tunggu sekitar 10 menit. Setelah jam tersebut semakin lama dan lama, apalagi malam hari bisa menunggu berjam-jam.

Berikut tarif bus Solo Semarang tertanggal 14 Mei 2018. Tarif bisa berubah, menyesuaikan harga bahan bakar, libur lebaran.

Rp.30.000
Solo - Semarang.

Rp.25.000
Semarang - Boyolali, Ungaran - Solo.

Rp.20.000
Solo - Bawen, Ungaran - Boyolali, Semarang - Ampel.

Rp.15.000
Solo - Salatiga, Semarang - Salatiga, Boyolali - Bawen, Ampel - Ungaran.

Rp.10.000
Semarang - Bawen, Ungaran - Salatiga, Ampel - Bawen, Boyolali - Salatiga, Solo - Ampel.

Rp.7.000
Semarang - Ungaran, Ungaran - Bawen, Salatiga - Bawen, Ampel - Salatiga, Ampel - Boyolali, Boyolali - Solo.

Sewaktu aku dan teman-teman pergi ke puncak Telomoyo, kami berangkat dari Jogja naik KA Prameks dan berganti dengan bus jurusan Solo - Semarang, tentu saja turun di Salatiga.

Artikel Terkait:
- Camping, Archery, dan High Ropes yang Menantang
- Menyambut Baskara di Puncak Telomoyo
- Off-road di Perkebunan d'Emmerick Salatiga
- Berjuang Mendapatkan Tiket Prameks