Wednesday, May 2, 2018

Mengenyam Beragam Kuliner di Jogja Paradise Foodcourt

Terkenal sebagai kota pendidikan dan tujuan wisata, menjadikan Yogyakarta memiliki ragam budaya dan kuliner. Keaneka ragaman tersebut sebagian besar dibawa oleh mahasiswa yang belajar di kota gudeg ini, selain menuntut ilmu mereka juga membawa budaya dan resep kuliner dari daerah asal.

Jogja Paradise Foodcourt merupakan salah satu pujasera yang menyediakan beragam kuliner dan tempat yang nyaman bersantap bersama keluarga. Kuliner nusantara, western, dan eastern bisa dengan mudah dipesan tanpa harus berpindah tempat untuk mendapatkannya.
Jogja Paradise Foodcourt.
Menempati lahan 5450 m2 dengan luas bangunan 1309 m2 menjadikan tempat ini cukup ideal untuk menikmati kuliner dengan santai bersama keluarga. Taman dan tempat bermain anak berada di tengah-tengah bangunan pujasera yang berdiri sejak Agustus 2012, memberikan kenyamanan bagi pengunjung saat bersantap bersama.
Halaman dalam Jogja Paradise.
Sebagai foodcourt terbesar di Yogyakarta, tempat berlogo seperti bunga teratai 5 warna ini memiliki 21 tenant, antara lain:

Rujak Cingur - Tahu Tek Paijo Bless Coffee
Bakso Rahayu Salatiga Snick Snack
Gudeg bu Mur Wijilan Sushi Story
Steamboat and Friend Food Story
Mbok Berek Garden Sate Ratu
Sambal Jahanam Es Murni
Sop Empal Yoeni Ah Moy
Mie Surabaya Joglo
Mie Jakarta DC2
Steak Addict -
Master Seafood Lunchbox
Rujak Cingur
Siang hari yang terik di hari Kamis, 26 April 2018 aku mencium bau khas petis udang saat mengelilingi area tenant Jogja Paradise Foodcourt. Rupanya aroma harum tersebut keluar dari rujak cingur, salah satu menu yang ditawarkan salah satu tenant. Meskipun tampilan kurang menarik, tapi petis itu begitu menggoda untuk dicoba. Akupun mengambil memilih kuliner dari Jawa Timur ini sebagai makan siang.
Beberapa menu di Jogja Paradise Foodcourt.
Tersirat dari namanya, menu ini memadukan dua jenis kuliner yaitu rujak dan cingur. Cingur dalam bahasa Jawa, khususnya Jawa Timur berarti mulut (sapi). Rujak cingur di sini berisi sayuran kacang panjang, kecambah, dan kangkung. Buah-buahan ketimun, krai, bengkoang, dan nanas. Disamping itu irisan tahu goreng melengkapi kekhasan kuliner.
Rujak cingur pilihanku.

Sebagai asupan karboidrat digunakan lontong. Jangan sampai ketinggalan cingur yang dipotong kecil-kecil. Di sela lautan saus kental yang dibuat dari petis udang dan sambal kacang, aku masih bisa mengenali sedikit bahan rujak cingur ini. Kerupuk menjadi lapisan atas rujak cingur.
Tenant di sisi utara foodcourt.
Tidak hanya baunya saja yang harum, rasa petis yang telah dipadukan dengan sambal kacang juga nendang. Kunci kenikmatan rujak cingur adalah bumbu sausnya (petis dan sambal kacang). Selain saus, kunci lain adalah tingkat kepedasan yang disesuaikan dengan selera. Porsi rujak cingur ini benar-benar mengenyangkan, hampir tak sanggup menuntaskannya 😊.
suasana di foodcourt.
Fasilitas lain
Beberapa tahun lalu aku pernah ikut acara bertema UMKM di lantai 2 Jogja Paradise. Sekarang pun ruangan yang bisa menampung 300 orang itu masih digunakan. Tempat shalat ada di lantai 2 pojok belakang, mampu menampung 12-15 orang. Selain taman, di tengah lahan berdiri panggung pertunjukan.
Tempat shalat.
Parkir kendaraan gratis, bisa di depan maupun di dalam kawasan taman. Pengunjung juga dimanjakan dengan akses internet gratis. Sementara itu, livemusik selalu tampil setiap Sabtu malam mulai pukul 19.00 WIB.
Live music acara khusus.
Coworking Space
Tempat yang diharapkan menjadi magnet baru Jogja Paradise adalah coworking space yang ada di lantai 2, tepat di atas Bless Coffeeshop.
Coworking space Jogja Paradise.
Coworking space adalah tempat dimana orang memiliki berbagai latar belakang pekerjaan, yang bekerja dalam sebuah tempat. Tempat ini memiliki fasilitas Common Space, yaitu ruang kerja utama untuk perorangan dan grup.
Free coffee break.
Dilengkapi free coffee break, dan office assistan untuk membantu kebutuhan. Ada juga Ruang serba guna dengan kapasitas sampai 60 orang, yang dilengkapi dengan wide screen dan sound system untuk kebutuhan event seperti workshop, seminar, screening.

Toilet
Hampir lupa, letak toilet ada di beberapa sisi, salah satunya dekat parkir depan. Ada yang unik pada pengumuman yang tertempel di dinding dalam toilet, silakan baca sendiri 😂.
Tata tertib toilet Jogja Paradise.
Survey kepuasan
Untuk mewujudkan visi Jogja Paradise sebagai tempat kuliner wisata keluarga terbaik dan terbesar di Yogyakarta, manajemen mencetuskan Jogja Paradise reborn. Lahir kembali dengan pengelolaan baru, sehingga dapat memberikan kepuasan, kenyamanan, dan membangun hubungan dengan pelanggan. Salah satu caranya dengan memberikan survey kepuasan pelanggan setelah menikmati aneka kuliner.
Survey kepuasan pelanggan.

Lokasi
Jogja Paradise foodcourt berada di gerbang masuk utara kota Yogyakarta. Jika dari arah Magelang berjarak sekitar 500 meter selatan jalan layang dan Terminal Jombor DIY. Tepatnya di Jalan Magelang km.6 Sinduadi Mlati, Sleman DIY, seberang Hotel Rich Jogja.
Denah.
Sebelum masuk foodcourt, terdapat denah Jogja Paradise Foodcourt beserta semua tenant. Semoga ke depan, denah ini dibuat lebih besar supaya para pengunjung dapat melihatnya.

No comments:

Post a Comment