Tiket Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) menurutku agak sulit didapatkan setelah ada kebijakan bisa dipesan H-7. Sepanjang pengalaman naik KA yang melayani rute Solo Balapan - Yogyakarta - Kutoarjo, beberapa kali harus terlewat 1 keberangkatan kereta karena kehabisan tiket. Tiket paling mudah diperoleh pada perjalanan pertama, jika dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta berangkat pukul 05.36 WIB. Tidak perlu memesan sebelumnya, bahkan 5 menit sebelum keberangkatan masih bisa mendapatkan tiket.
Tiket Prameks pesanan.
Hal ini membawa kekhawatiran, sehingga ketika bulan lalu ada keperluan di Solo, aku langsung memesan tiket ke Jogja sesampainya di Stasiun Purwosari. Bisa toh? Bisa.... khusus Prameks ya.

Pesan tiket Prameks
Sesampainya di Stasiun Purwosari, aku bergegas menuju loket pemesanan tiket lokal, yang melayani pemesanan KA Prameks dan Kalijaga (yang ini berangkat dari Stasiun Solo Balapan). Meskipun baru pukul 07.00 WIB, aku bisa memesan tiket kepulangan yang berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 16.10 WIB.

Syarat memesan tiket ini hanya perlu membawa kartu identitas, dengan maksimal pembelian 4 tiket. Harga tetap sama tanpa biaya tambahan.

Agak bingung, tempat pemesanan Purwosari tapi kok keberangkatannya tertulis dari Balapan? Aku lalu balik lagi ke loket, kata petugas; pemegang tiket bisa naik dari Stasiun Purwosari maupun Solo Balapan. Oh begitu rupanya... Sore harinya, aku benar-benar naik dari Stasiun Solo Balapan.

Namun pemesanan tiket di pagi hari tersebut tidak berlaku untuk KA Kalijaga. Saat akan memesan, aku diminta mengambil nomor antrian pukul 09.00 WIB. Artinya pemesanan KA Kalijaga dilayani mulai pukul 09.00 WIB.

Aku sebenarnya berharap, kebijakan pemesanan tiket KA Prameks dari H-7 ditinjau kembali. Sungguh merepotkan bagi yang benar-benar akan bepergian pada saat itu juga.

Pemesanan tiket KA Prameks hanya dilayani di stasiun yang disinggahi kereta tersebut, tidak bisa melalui daring.

Update 1 Maret 2019
Tiket KA Prameks dapat dipesan melalui aplikasi mulai 1 Februari 2019.

Artikel Terkait:
- Menyambut Baskara di Puncak Telomoyo
- Kereta Api hanya Sekali Perjalanan, Penumpang Memilih Bus Solo-Semarang
- Mengenal Museum di Kota Jogja dengan Jelajah 4 Museum
- Naik Bus Trans Jateng Bawen – Stasiun Tawang di Masa Lebaran
- Tiket KA Prameks Bisa Dipesan Online