Ketika perut sudah mulai keroncongan, saya diajak mampir ke salah satu rumah makan di jalan Purwodadi - Semarang. Meskipun tidak begitu sesuai selera dengan model warung Pantura, saya paksakan masuk juga daripada kelaparan di tengah perjalanan. Nama warung itu RM Ayam Bakar Mbak Nik yang terletak di Jalan Raya Semarang - Purwodadi km 46,2 Klampok, Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.
Rumah Makan Mbak Nik Godong.
Peristiwa ini sudah 2 tahun lalu, tapi baru sempat saya tulis 😀, mungkin keadaan sekarang sudah berubah. Letaknya berada di utara jalan utama, bila dari arah Semarang setelah melewati pusat Kecamatan Godong dan jalan masuk ke Bendungan Klambu.
Menu
Meskipun namanya RM ayam bakar, ternyata di dalamnya terdapat banyak menu khas Pantura. Saya tidak memilih ayam bakar karena dirasa akan memakan banyak waktu untuk membakarnya. Pilihan jatuh kepada tongkol dan sayur asam.
Sayur asam ikan tongkol.
Rasanya lumayan sesuai selera saya. Yang agak menghilangkan selera makan adalah tempatnya yang cenderung kurang bersih khas Pantura. Sepiring nasi habis dalam waktu singkat, karena lapar dan berburu waktu. Saya tidak memperhatikan rombongan memesan apa. Untuk minumannya, saya pilih jeruk hangat yang lumayan masam.

Setelah kenyang, kami melanjutkan perjalanan ke penginapan. Ketika itu hujan baru saja reda, tidak ada tukang parkir yang menyela selama kami datang dan pergi. Harga makanan di sini relatif agak mahal dibandingkan warung yang melayani warga pekerja, karena tentunya segmen pasarnya berbeda.