30 Agustus 2018, di tanggal tua yang sebagian karyawan baru menerima gaji sehingga muka berseri-seri, Qwords Cloud Web Hosting mengadakan acara Qtalk Anniversary di Mezzanine Eatery & Coffee, Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 8 No.30, Sariharjo, Ngaglik, Karang Moko, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY. Pesertanya membludak, beberapa di antaranya bahkan tidak kebagian tempat duduk. Tentu saja motivasi tiap orang untuk datang berbeda-beda, hehehe.

Qwords sebagai perusahaan penyedia jasa web hosting sudah 19 kali mengadakan acara Qtalk selama tahun 2018. Untuk edisi spesial ultah ke-13 Qwords, Qtalk Anniversary hanya diadakan di 2 kota yaitu Bandung dan Yogyakarta. Waktunya tidak bersamaan, tapi ada 1 pembicara yang sama yaitu Agit Naeta; Head of Developer Qwords sekaligus youtuber. Pembicara lainnya adalah Agus Mulyadi; Pemimpin Redaksi Mojok sekaligus penulis dan blogger.
Potong tumpeng ultah Qwords ke-13.
Pelajaran yang dapat kuambil dari mereka adalah hobi bila ditekuni bisa menjadi ladang pencaharian. Selain tekun, memiliki mental kuat diperlukan, serta yang terpenting adalah punya cara pikir selangkah padamu, eh.. selangkah ke depan. Aku kagum pada mereka, aku selangkah atau dua langkah di belakang mereka. Dalam hati bertanya, kok pikiranku tidak sampai sana, kok baru terpikirkan?

Aku mengenal Qwords beberapa tahun lalu, perusahaan penyedia jasa cloud Indonesia yang berpusat di Bandung ini sering mendukung kegiatan blogger, sangat membantu kepanitian 😀. Dulu, ketika perusahaan sejenis kebanyakan belum menerapkan pajak pertambahan nilai, Qwords sudah menerapkannya hihihi. Sekarang semua perusahaan menerapkan pajak itu, dan harga yang ditawarkan Qwords saat ini cukup bersaing (baca: murah) dengan para kompetitor, apalagi dengan seringnya menggelar program diskon 😀.
Foto bersama usai acara.
Selain sebagai registrar domain, Qwords juga menawarkan paket hosting dengan teknologi awan (cloud). Antara lain Public Cloud Hosting, Cloud Public Virtual Server, Dedicated Bare Metal Server, dan Colocation Server. Itupun masih dibagi-bagi lagi menjadi beberapa paket. Untuk pelanggan seperti aku yang frekuensi pengunjungnya belum ratusan ribu per hari, cukup menggunakan Public Cloud Hosting.

Kantor cabang pun ada di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Singapore. Aku sudah pernah dong, ke kantornya di Wedomartani, Ngemplak, Sleman mengikuti pelatihan 1 juta domain, gratis lagi. Qwords secara rutin juga mengadakan pelatihan di beberapa kota, jadwalnya bisa dilihat di tautan ini atau kepoin akun media sosialnya.

Kalau mau dijabarkan, keunggulan Qwords antara lain:
1. Layanan Bantuan Pelanggan 24 Jam
Melayani setahun penuh melalui telepon, percakapan daring, dan sistem tiket.

2. Manual layanan Lengkap
Tutorial penggunaan layanan web hosting lengkap dan mudah dipelajari.

3. Mudah dalam membuat website
Web hosting dengan teknologi awan (cloud). Menyediakan layanan paling murah didukung tim support terbaik. Untuk pembelian hosting paket bisnis akan mendapatkan gratis pendaftaran nama domain.

4. Akses cepat dari seluruh dunia
Website diletakkan di data center PT Qwords Company International yang berada di Gedung Cyber 1 Lantai 3 Jakarta, yang memberikan akses cepat.

5. Metode pembayaran mudah
Selain transfer bank, metode pembayaran bisa melalui akun virtual, Paypal, dan Go-pay.

6. Poin hadiah
Poin diperoleh dengan melakukan beberapa aktivitas. 1 poin bernilai Rp.10 yang langsung masuk ke deposit pelanggan.

7. Website builder platform
Platform terbaru yang (akan) rilis 2018, memudahkan pelanggan membuat website secara mandiri, tinggal seret dan jatuhkan (drag and drop).

Karena tabrakan jadwal, aku beberapa kali melewatkan acara Qtalk. Baru kali ini bisa gabung, salah satu daya tariknya adalah pembicara "lokal" merupakan orang yang kukenal sejak 2012. Perubahan yang mencolok dari penampilannya sekarang adalah dia pakai sepatu! Sampai jumpa di acara Qtalk selanjutnya...