PT Kereta Api Indonesia akhirnya membuka rute kereta mengitari Jawa bagian tengah (Jawa Tengah - DI Yogyakarta) mulai 1 Desember 2018. Nama kereta ini "agak maksa" yaitu Joglosemarkerto, singkatan dari Jogja Solo Semarang Purwokerto. Rencananya sepur akan membawa 2 kereta eksekutif kapasitas 100 penumpang dan 7 kereta ekonomi kapasitas 560 penumpang.

Artinya dalam 1 kereta ekonomi berkapasitas 80 penumpang. Kabar baiknya adalah kursi penumpang 2-2, setelah mengecek di aplikasi penjualan tiket. Setidaknya lebih baik dari KA Kalijaga Semarang - Solo Balapan yang tempat duduknya 2-3.

Tiket masih membingungkan
Tiket bisa dibeli dan dipesan melalui loket stasiun dan situs penyedia tiket kereta api. KA ini merupakan perpanjangan rute 2 KA yang sudah beroperasi sebelumnya yaitu KA Kamandaka Semarang - Purwokerto dan KA Joglokerto Solo Balapan - Purwokerto. Tapi masalah tiket online masih membingungkan.

Misalnya begini, jarak Pekalongan - Jogja via Purwokerto berbeda dengan Pekalongan - Jogja via Semarang. Harga tiket pun seharusnya berbeda, lebih murah via Semarang.
Pekalongan Jogja via Purwokerto.
Merujuk situs tiket KAI, KA Joglosemarkerto hanya berangkat sekali dengan nomor perjalanan 7081, berangkat dari Pekalongan pukul 07:43 WIB dan sampai di Stasiun Tugu pukul 13:50 WIB. Tiket kelas ekonomi dihitung-hitung lebih murah, nyaman, dan cepat daripada naik travel atau suttle bus. Dengan waktu tempuh 6 jam 7 menit, kereta ini lewat mana? Purwokerto atau Semarang? 😅

Semoga masalah tiket ini segera dibenahi, agar konsumen tidak bingung menentukan mau lewat mana. Mungkin tidak begitu masalah jika harga keduanya sama, sayangnya harga tiket via Purwokerto dan via Semarang perbedaannya cukup jauh.

Jadwal keberangkatan dan tarif bisa dilihat di siaran pers PT KAI.

Update 3 Desember 2018
Setelah menelaah siaran pers KAI, dari 3 KA Joglosemarkerto hanya 1 jadwal keberangkatan dari Solo (06:00 WIB) yang memutar (loop) searah jarum jam tanpa "ngetem". 2 KA lain (eks Kamandaka) pake "ngetem" di beberapa stasiun.

Hanya 1 jadwal Pekalongan - Jogja via Purwokerto. Ada 1 jadwal Pekalongan - Jogja via Semarang tapi di siaran pers, KA hanya sampai Solo Balapan. Untuk meneruskan ke Jogja harus beli tiket lagi Solo - Jogja (meskipun menggunakan kereta yang sama) dan harganya wow sekali, kelas ekonomi Rp35.000 😂.
Pekalongan - Solo - Jogja.
Berangkat dari Pekalongan 13:15 WIB sampai Solo Balapan 17:22 WIB. Tiket saat ini hanya dijual di loket stasiun, belum ada di situs penyedia tiket. Admin media sosial KAI jika ditanya jadwal ini malah bingung 😄.
Jadwal KA Prameks Solo - Jogja.
Dari Solo Balapan ke Jogja bisa dengan KA yang sama (17:37 WIB) atau KA Prameks (Desember 2018 tiket Rp.8.000) yang berangkat pukul 18:00 dan 18:40 WIB. Perlu diketahui tiket KA Prameks tidak dijual online.

Salah satu dugaan kenapa KA Joglokerto "ngetem" dulu di Solo Balapan adalah untuk mengakomodir penumpang KA Prameks Solo - Jogja. Okupansi yang melebihi kapasitas menyebabkan penumpang sering tidak kebagian tiket, sehingga terpaksa naik KA Prameks jadwal berikutnya.

Tiket KA Joglosemarkerto hanya tersedia sampai 31 Desember 2018, tahun 2019 mungkin ada perubahan jadwal setelah melakukan evaluasi 1 bulan beroperasi.