Tas berbahan kulit selalu diminati kaum wanita dan tak pernah terkesan ketinggalan zaman. Karena bahan kulit memang cocok dipadukan dengan aneka jenis tas. Setidaknya Anda pasti memiliki satu koleksi tas kulit, bisa berupa sling bag atau jenis tas lainnya.

Merawat tas kulit sebenarnya tidak sulit bila Anda sudah memahami caranya. Ulasan tentang cara merawat tas kulit ini pasti mudah Anda lakukan secara teratur:
Tas selempang (sumber: mataharimall)

Membersihkan Noda pada Tas Kulit
Tas kulit yang tampak bersih sekalipun harus tetap dirawat secara teratur. Karena pasti ada saja kotoran yang melekat di permukaannya. Anda patut membersihkan tas kulit dengan produk pembersih khusus berupa cairan yang mengandung pelembap. Selanjutnya, teteskan cairan tersebut pada permukaan kapas bertekstur lembut. Usapkan kapas dengan gerakan searah pada seluruh permukaan tas kulit. Maka kotoran pada permukaan tas kulit pun akan berpindah psda kapas. Ulangi cara ini beberapa kali sampai kapas benar-benar terlihat bersih.

Mengeringkan Tas yang Terkena Air
Jangan panik jika tas kulit Anda terkena tumpahan air atau air hujan. Anda mesti menggunakan kain lap micro fiber untuk mengeringkannya. Supaya tidak ada air yang terserap pada permukaan tas kulit tersebut. Selanjutnya, jemurlah tas kulit kesayangan Anda di tempat yang berangin dan teduh. Jika tas tersebut berupa sling bag, Anda tinggal menggantungnya saja. Diamkan selama beberapa jam sampai seluruh permukaan tas menjadi kering sempurna.

Menjauhkan Tas dari Sinar Matahari
Selain air, ternyata sinar matahari juga merupakan musuh utama tas kulit. Karena bahan kulit rentan mengalami perubahan tekstur dan warna bila terkena sinar matahari terlalu lama. Sebaiknya Anda selalu menjauhkan tas kulit kesayangan dari sinar matahari. Letakkan tas di tempat yang teduh agar tekstur dan warna kulitnya tetap awet dalam waktu lama.

Menyimpan Tas di Tempat Kering dan Sejuk
Anda tak boleh menyimpan tas kulit kesayangan di sembarang tempat. Sebab tas harus disimpan di tempat yang kering, sejuk, dan tidak terkena sinar matahari. Tempat terbaik untuk menyimpan tas adalah laci atau lemari kamar. Namun, Anda harus memeriksanya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tempat tersebut benar-benar bersih. Tak ada salahnya pula bila Anda memeriksa tas setiap satu hingga dua bulan sekali sambil membersihkan permukaannya.

Jangan Menumpuk Tas Saat Menyimpannya
Orang yang punya banyak tas kulit biasanya menyimpan tas-tas tersebut dengan cara ditumpuk. Padahal, menumpuk tas akan meningkatkan risiko perubahan bentuk tas. Sebaiknya Anda menyimpan tas satu per satu tanpa terganggu oleh tas lain. Untuk sling bag, Anda juga bisa menyimpannya dengan cara digantung. Supaya bentuk tali panjang pada sling bag tersebut tidak berubah.

Mengisi Tas dengan Busa atau Kertas
Jangan menganggap sepele busa atau tas yang digunakan untuk mengganjal bagian dalam tas. Mengisi tas dengan busa atau kertas bermanfaat untuk mempertahankan bentuk tas. Sehingga tas kesayangan Anda tak akan mudah berubah bentuk walaupun disimpan dalam waktu lama. Jumlah busa atau kertasnya harus banyak agar bisa memenuhi isi tas secara maksimal.

Nah, kini Anda tahu kan kalau merawat tas kulit ternyata sangat mudah. Anda yang belum punya tas kulit pun pasti mulai tergugah untuk memilikinya. Jadi, pilihlah tas kulit yang bentuknya sesuai dengan kebutuhan Anda. Tas kulit berkualitas akan mendukung aktivitas Anda dan membuat penampilan semakin bergaya.