Kotagede merupakan "kota tua" di Yogyakarta, ratusan tahun lalu pernah menjadi ibukota Kerajaan Mataram Islam. Maka tidak heran jika di sini terdapat bangunan dengan arsitektur kuno, salah satunya ada di Jalan Tegal Gendu 28 Kotagede Yogyakarta. Pada tahun 1800an berdirilah bangunan dengan pengaruh budaya Portugis, Belanda, Cina, dan Jawa. Bangunan tersebut masih berdiri kokoh dengan nama Sekar Kedhaton Restaurant.

Restoran yang sudah dikenal wisatawan ini sehari-hari menyajikan menu masakan Jawa. Guna memberikan lebih banyak variasi kepada pelanggan, mulai November 2018 manajemen memperkenalkan kuliner spesial Nusantara tiap Sabtu malam yaitu Paket Selayang Pandang. Tema Selayang Pandang adalah kuliner khas Nusantara dengan tema kuliner selalu berganti tiap pekan. Di pekan pertama November 2018, tema yang diambil adalah masakan Bali. Mulai pukul 17.00 WIB beberapa kuliner khas Bali mulai disajikan, seperti Nasi Kecombrang, Sate Lilit Sambal Matah, Kering Tempe Manis Kacang, Lawar Kacang Panjang, Nyat-nyatan Ayam, Telor Godok Cabai Ijo, dan Ikan Bakar Jimbaran.
Paket Selayang Pandang.
Sedangkan hidangan penutup (desert) berupa es melon selasih dan jajanan khas Kotagede seperti Kipo dan Mata Kebo. Tak ketinggalan juga buah-buahan lokal yang menyegarkan.

Aku mengambil semua menu yang tersedia, tentunya porsi kecil asal semua bisa dicicipi. Nasi Kecombrang pun hanya mengambil satu bungkus, restoran juga sudah menyajikan nasi putih. Semua bisa diambil semau kita karena Selayang Pandang merupakan paket all you can eat.
Porsi yang kumakan.
Lihat gambar di atas sepertinya ada yang terlewat? Betul... aku tidak mengambil sambal, padahal sudah tersaji berbagai sambal khas Bali. Aku suka Nasi Kecombrang ini, rasa kecombrangnya nendang banget, disamping nasinya gurih yang menggugah selera makan. Lawar Kacang Panjang sekilas hampir sama dengan Urap masakan Jawa, yang membedakan adalah tidak ada sayuran lain selain kacang panjang serta bumbu khas Bali.
Sambal Embe.
Sate Lilitnya lembut banget, tanpa cocolan sambal pun sudah terasa lezatnya. Nyat-nyatan Ayam bisa dikatakan seperti Ayam Suwir, semua kuliner ini sangat terasa sekali bumbunya di lidah.
Nyat-nyatan Ayam.
Di Sekar Kedhaton Restaurant, kuliner tersebut dimasak dengan cara halal, tidak ada campuran darah dan Babi di dalamnya. Jadi tak perlu khawatir menyantap kuliner di restoran grup Ansor Silver ini.
Telur Godok Cabai Ijo.
Selayang Pandang pekan I bulan November dengan tema kuliner Bali sudah terlewati, rencananya pekan II akan menampilkan kuliner Sulawesi, pekan III kuliner Kalimantan, dan pekan IV kuliner khas Sumatra.
Hidangan penutup.
Khusus bagi pemegang KTP DI Yogyakarta akan mendapatkan potongan harga 30% dari harga paket Rp.119.000++ per pak. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan reservasi atau langsung menuju Sekar Kedhaton di Sabtu malam.