Kemarin saya melakukan perjalanan di Kota Semarang, sebagai alat transportasi saya memilih bus Trans Semarang yang memiliki pendingin udara. Biasanya saya membayar kontan, kemudian saya ingat pernah membaca twit akun BRT Trans Semarang (sekarang ditinggal admin) bahwa tiket bus Trans Semarang bisa dibayar dengan dompet elektronik. Berburulah saya berita tentang hal ini di Google, dan muncullah beberapa berita yang salah satunya seperti yang saya tangkap layar di bawah ini.
Tiket Trans Semarang dengan pembayaran Go-Pay.
Beberapa dompet elektronik yang bisa digunakan untuk pembayaran tiket BRT Semarang adalah E-BRT, Go-Pay, OVO, dan LinkAja (peleburan T-Cash, T-Money, TapCash, E-Money, Brizzi. Intinya semua produk Himbara)

Kebetulan saya masih memiliki saldo Go-Pay maka sayapun berkata pada mbak tiket di shelter akan membayar dengan dompet elektronik ini. Si mbak langsung menyodorkan QR code yang ada di printer termal portable yang dibawanya. Yang saya lakukan kemudian adalah.
Bayar dengan Go-Pay.
  • Buka aplikasi Go-jek di gawai.
  • Pilih tab Bayar, lalu otomatis kamera scan akan bekerja.
  • Arahkan kamera scan ke QR code bus Trans Semarang, sampai terdeteksi.
  • Jangan lupa gawai harus terkoneksi internet.
Bayar dengan Go-Pay.
Ternyata sampai akhir Februari 2019, pembayaran tiket Trans Semarang dengan Go-Pay masih dalam masa promo diskon 50%, sehingga hanya membayar Rp1.750. Semua pembayaran dengan dompet elektronik saat itu mendapatkan diskon (istilah baru adalah cash back), hanya saja besarannya berbeda. Diskon terbesar diberikan oleh Go-Pay.

Lumayan kan, diskonnya bisa untuk beli mendoan 😃.

Referensi:
- https://jateng.antaranews.com/berita/207903/tarif-promo-go-pay-trans-semarang-diperpanjang, diakses 27 Februari 2019.