Kamis, 02 Mei 2019

Menu Ngudi Rejeki Pogung lebih Lengkap daripada Cabang Lain

Seorang teman mengajak makan sore (makan siang yang terlambat). Aku nggak begitu tertarik sih, mending pulang saja. Tapi teman ini agak memaksa, aku pun menurutinya. Warung yang dituju berada di Pogung Kidul, berseberangan dengan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Menu yang dipesan hanyalah lele bakar 😀. Menurutnya, warung ini terhitung murah dibandingkan yang lain. Aku hanya manggut-manggut saja, untuk pemuja karbo (kala itu) bisa jadi referensi. Warung itu adalah Ngudi Rejeki, beberapa bulan kemudian aku melenggang ke sana mencicipi menu lain.
Nasi bakar.
Menu yang pernah kucoba adalah nasi bakar. Ada yang belum tahu nasi bakar? Nasi bakar adalah nasi matang yang dibungkus dengan daun pisang, dimana disela-sela banyaknya nasi terdapat "sesuatu". Nasi bungkus tersebut dibakar di atas apa, sebagian ada yang membakar nasi bungkus seperti membakar sate.

Pesanan datang dalam keadaan masih panas. Setelah bungkus daun pisang dibuka terciumlah semerbak harum kemangi. Nasi langsung diobrak-abrik agar panas mereda. Terkuaklah di dalamnya ada apa saja, misteri "sesuatu" pun terpecahkan wkwkkk 😁.
Nasi bakar balur kelapa isi daging.
Nasi bakar dibalur parutan kelapa dan bawang merah goreng. Setelah dibelah terlihatlah kemangi dan daging ayam. Inilah "sesuatu" disela nasi bakar, "sesuatu" bisa apa saja tergantung selera, ada ikan asin, teri, irisan telur, dan beberapa lauk lain.

Selain nasi bakar yang pernah kupesan di warung ini adalah nasi pecel. Pecel Ngudi Rejeki adalah pecel Jogja yang rasanya manis, bumbu kacangnya pun lebih lodrek dan berwarna coklat muda.
Nasi pecel tempe.
Yang unik adalah penyajiannya diberi bonus seiris tempe goreng. Sayuran pecel lumayan lengkap yaitu kacang panjang, kecambah, bayam, dan wortel. Aku merasa kadang sayurannya dimasak terlalu matang sehingga warnanya kurang menarik lagi.

Untuk nasi bakar Ngudi Rejeki Pogung, cukup sekali aku mencobanya 😀. Pernah satu ketika beli nasi pecel tidak makan di tempat. Setelah dibuka ternyata tidak ada tempe goreng di dalamnya 😂. Rupanya bonus tempe hanya diberikan saat makan di tempat.

Menu pecel dan nasi bakar setahuku hanya ada di Ngudi Rejeki Pogung. Pernah singgah di Ngudi Rejeki Jalan Kaliurang dan Condong Catur, di sana tidak ada menu tersebut.

Menu tersebut kubeli pada tahun 2016, mungkin harga dan ketersediaan menu sudah berubah saat ini 😊.
Latest
Next Post

0 Comments: