Rabu, 09 Oktober 2019

Borong Bakpiapia Lewat Traveloka Xperience

Setiap akhir pekan toko-toko penjual bakpia kota Jogja selalu ramai dikunjungi wisatawan, tidak jarang membuat kemacetan jalan. Mobil-mobil sering seenaknya berhenti di depan toko untuk menurunkan penumpang, sehingga lalu lintas tersendat. Jika hanya turun satu orang mungkin hanya perlu 10 detik, tapi kalau turun 15 orang dari satu mobil butuh berapa detik?

Di sisi lain, itu adalah pertanda bakpia merupakan oleh-oleh paling populer dari Jogja. Apalagi dalam satu dekade terakhir banyak bermunculan inovasi produsen dalam hal varian rasa dan kulit bakpia. Sebelumnya hanya ada satu jenis yaitu Bakpia Pathuk, yang menisbatkan pada daerah produsen bakpia yaitu Pathuk, Kota Jogja. Ciri khasnya adalah kulit luar alot dan tebal, dengan isi kacang hijau atau kumbu hitam. Saat ini beberapa produsen membuat bakpia berkulit lebih tipis lemir dan memperbanyak isi sering berbagai varian rasa. Salah satu yang saya suka adalah Bakpiapia.

Bakpiapia adalah satu jenama produsen bakpia dengan berbagai variannya. Mereka membedakan dua varian bakpia yaitu yang memiliki satu rasa dinamakan bakpia single yang dibagi lagi menjadi bakpia kering dan bakpia basah. Sedangkan bakpia dengan dasar kacang hijau dengan lapisan 9 rasa pilihan  dinamakan bakpia blesteran. Ruko Bayeman Permai di Jalan Wates menjadi pusat produksi penjualan, mereka juga membuka outlet di Jalan Mataram Kota Jogja, Ambarrukmo Plaza, Jalan Kaliurang Sleman, dan Jalan Dagen Kota Jogja. Yang disebut terakhir pernah kusinggung dalam artikel ini.

Pekan lalu aku ngidam bakpia, kok ya kebetulan inginnya Bakpiapia gitu lho. Aku masih penasaran dengan bakpiapia single selain cokelat (dulu beli yang ini dan blasteran Tuna Pedas). Kesukaanku ada dua, rasa original kacang hijau dan keju. Kali ini aku mantap memilih rasa keju.

Seketika aku ingat, hari itu adalah Selasa Wage dimana di sepanjang Jalan Malioboro bersih dari kendaraan bermotor dari pukul 06.00 – 22.00 WIB. Padahal aku ingin ke outlet Jalan Dagen, selain lebih dekat pengunjung juga bisa “cuci mata”. Kupendam hasratku makan Bakpiapia hari itu, dan memilih outlet Jalan Kaliurang di hari berikutnya. Pergantian ini cuma menyesuaikan jadwal geeeess, bukan sebab lain.

Selasa malam aku coba mencari beli lewat aplikasi Traveloka, katanya bisa pesan kuliner. Eh ternyata beneran bisa!!! Kalau di aplikasi aku langsung klik Eats mencari yang kumau dan ketemu. Bisa juga klik Traveloka Xperience dulu hingga ketemu Makanan & Minuman. Tujuannya sama, jalannya saja yang beda 😁.
Bakpiapia lewat Traveloka Xperience.
Perasaan layar gawai kurang gedhe, jadi aku pindah menggunakan peramban di notebook. Tinggal buka traveloka.com, klik Xperience. Aku menuliskan Yogyakarta di kolom pencarian dan scroll-scroll ketemulah jenama Bakpiapia! Varian rasa idamanku tersedia juga di Bakpiapia Kaliurang, tanpa pikir panjang klik terus hingga pembayaran. Harga yang tertera di layar sebesar Rp36.000, dengan pembayaran transfer bank aku mendapat kode unik sehingga yang harus kubayar sebesar Rp35.752.

Langkah membeli Bakpiapia di Traveloka Xperience lebih konkret bisa memutar videoslide di bawah ini.

Setelah transfer diterima Traveloka, terbitlah voucher elektronik berisi data pembelian dan kode QR yang wajib ditunjukkan saat mengambil bakpia di outlet Jalan Kaliurang.
Voucher elektronik Traveloka Xperience.
Masa berlaku voucher Xperience adalah 7 hari, aku sih langsung tukar hari itu juga ke outlet Bakpiapia Jalan Kaliurang. Keinginan makan bakpia sudah di ubun-ubun! 😅
Memindai kode QR.
Sampai di outlet, langsung kuutaraakan maksud kedatangan sambil membuka aplikasi Traveloka. Penjual langsung paham dan mengambil tablet untuk memindai kode QR pemesanan yang tercantum pada voucher elektronik di aplikasi Traveloka gawaiku. Setelah QR cocok dengan data server, penjual lalu menyiapkan varian bakpia yang kupesan.
Bakpiapia outlet Kaliurang.
#XperienceSeru pertama kali aku merasa mendapatkan kemudahan dan keringanan harga. Datang ke outlet dengan menunjukkan kode QR Traveloka Xperience, tidak perlu bayar lagi, antri, dan praktis. Sedangkan harganya lebih murah dari bandrol , hehehe.
Bakpiapia single keju.
Rasa Bakpiapia single keju sesuai ekspektasi, buktinya dalam tiga hari, 40 bakpia yang kubeli langsung habis ludes tanpa bekas.
Previous Post
Next Post

2 komentar:

  1. Boleh nih buat nemenin selama liburan, fitur-fiturnya sangat membantu sekali. Tapi ini satu aplikasi apa harus install aplikasi lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus install aplikasi lagi, lewat web juga bisa.

      Hapus