Kamis, 28 November 2019

Pensiunnya KA Kalijaga per 1 Desember 2019

Setelah beroperasi dari tahun 2014, akhirnya Kereta Api Kalijaga rute Solo Balapan - Semarang Poncol resmi pensiun per 1 Desember 2019. Tiket perjalanan terakhir tanggal 30 November 2019 dari Stasiun Balapan sudah habis terjual, demikian pula dengan perjalan pulang dari Stasiun Poncol. Kereta ini memang jadi primadona penumpang ketika akhir pekan dan liburan sekolah. Namun di hari-hari biasa, okupansi tidak begitu besar.

Kalau dihitung-hitung, mengoperasikan KA Kalijaga tidak memberi keuntungan dan tombok. Dengan tiket hanya seharga Rp.10.000 tentu tidak bisa menutup biaya operasional yang besarnya jutaan. Pendapatan lain dari KA Kalijaga hanya dari restorasi, tidak ada iklan di gerbong, running text, dan lainnya. Sehingga aku menganggap keputusan ini wajar, meskipun sedikit merasa kecewa karena tim metuomah.com hampir selalu menggunakan kereta ini ketika melakukan perjalanan dari Semarang ke Jogja.

Seperti yang telah diketahui, KA Kalijaga dengan tempat duduk 2-3 membawa 7 (seingatku 9) kereta penumpang plus restorasi dengan pembangkit. Berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 05.24 WIB sampai di Stasiun Poncol pukul 08.45 WIB. Sedangkan baliknya dari Stasiun Poncol pukul 09.00 WIB dan berakhir di Stasiun Balapan pukul 11.44 WIB.

Penghapusan layanan sepertinya sudah disiapkan jauh hari dengan beroperasinya KA Joglosemarkerto yang merupakan kepanjangan dari KA Joglosemar dan KA Kamandaka. Mulai 1 Desember 2019, KA Joglosemarkerto juga mengalami perubahan rute, jam, dan tarif.

Pengganti rute KA Kalijaga

Calon penumpang kereta dari Solo ke Semarang dan sebaliknya, bisa menggunakan KA Joglosemarkerto dengan jadwal keberangkatan I dari Solo Balapan pukul 05.10 WIB dan berakhir di Semarang Poncol pukul 08.16 WIB. Stasiun yang disinggahi antara lain,
⇝ Salem
⇝ Gundih
⇝ Telawa
⇝ Kedungjati
⇝ Brumbung
⇝ Tawang
⇝ Poncol.
Jadwal keberangkatan Joglosemarkerto Solo-Semarang.
Ada 2 jadwal keberangkatan menuju Semarang, yang I ke utara dengan pemberhentian pertama Stasiun Salem. Yang II ke barat dengan pemberhentian pertama Stasiun Purwosari. Tiketnya lebih mahal, waktu lebih lama, dan jarak tempuh lebih jauh; berangkat dari Stasiun Balapan pukul 06.05 WIB.

Sedangkan dari Semarang Poncol menuju Solo Balapan ada 3 keberangkatan.
◆ 08.24 WIB → Pekalongan Purwokerto.
◆ 14.43 WIB → Kedungjati - Gundih.
◆ 21.48 WIB → tanpa berhenti di stasiun yang dilewati.

Harga tiket KA Joglosemarkerto Solo - Semarang
💫 Rp.50.000 dan Rp.130.000 untuk ekonomi.
💫 Rp.85.000 dan Rp.225.000 untuk ekonomi.

Apakah tertarik naik KA Joglosemarkerto Solo - Semarang? Berbeda dengan KA Kalijaga, posisi tempat duduk KA Joglosemarkerto 2-2 berhadapan. Melihat harga tiketnya, masih murah naik bus ekonomi AC atau biasa disebut bus ATB (AC Tarif Biasa) yang hanya Rp.30.000.
Latest
Next Post

0 Comments: