Selasa, 17 Desember 2019

Mulai Nol Lagi, ketika Kehilangan Dokumentasi Perjalanan

Kaget bukan kepalang saat tahu secara tak sengaja telah menghapus folder foto di gawaiku. Nasi telah matang, tidak bisa kembali jadi beras. Aku hanya bisa pasang wajah memelas, tidak bisa mengembalikan berkas yang telah tandas.
Pantai.
Dokumentasi perjalananku selama lebih dari 6 bulan musnah tak berbekas. Gawai Android berbeda dengan komputer, yang ketika menghapus berkas masuk ke Trash dulu, sebelum benar-benar mau dihapus permanen. Di gawai Android, sekali hapus berkas maka akan hilang selamanya (setahuku).

Gawai yang kugunakan mulai pertengahan tahun 2019 berbasis Android One yang minimalis. Karena itulah aku menggunakan file explorer pihak ketiga dengan harapan lebih nyaman menggunakan. Tapi aplikasi tersebut secara tidak langsung berjasa menghilangkan beberapa berkas. Ketika itu aku berniat menghapus sebagian berkas di gawai, mungkin secara tidak sengaja aku juga memilih berkas dokumentasi perjalanan. Tidak ada peringatan "apakah anda ingin menghapus berkas ini?" sebelum aku sentuh pilihan hapus. Aku mulai curiga saat gawai butuh waktu puluhan detik untuk menghapus, ternyata benar.... Dokumentasi perjalananku ikut terhapus 😖.

Kejadian ini adalah kali kedua di gawai berbeda. Sebelumnya dokumentasi saat mengunjungi rumah pocong Kotagede terhapus di gawai lama, padahal aku tidak merasa menghapusnya.

Dari kejadian tersebut aku mengambil sikap,
  • Menghapus file explorer tertuduh.
  • Mengaktifkan backup otomatis di Google Drive.
  • Segera memindahkan dokumentasi ke media penyimpanan lain, setelah melakukan pekerjaan atau perjalanan.
  • Tidak menunda menulis dan mempublikasikan yang telah didokumentasikan sepanjang hari.
Mau tidak mau, aku mulai dari nol lagi, meskipun tidak bisa semua didokumentasi kembali, misalnya seperti perbaikan kaca Sky Bridge Stasiun Solo Balapan usai hujan deras dan angin kencang. Semoga kesalahan ini tidak terulang lagi, mari tersenyum 😊.
Previous Post
Next Post

0 Comments: