Senin, 06 Januari 2020

Berapa Sebenarnya Tarif Batas Bawah Taksi dari Stasiun Yogyakarta?

Tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta, aku dan keluarga keluar peron ingin segera sampai rumah. Sebenarnya motor yang kunaiki untuk keberangkatan kereta keluar kota kutitipkan di penitipan motor Stasiun Lempuyangan. Berhubung kereta pulang ke Jogja hanya berhenti di Stasiun Yogyakarta (nama stasiun sesuai di aplikasi), terpaksalah turun di sini.
Pesan Taxi lewat aplikasi untukku lebih nyaman.
Hampir 1 dekade aku tidak naik taksi plat kuning, tapi hari itu 25 Desember 2019 aku terpaksa naik kendaraan itu, ya karena ada embel-embel kata "keluarga". Dalam suasana seperti itu, sebenarnya aku lebih suka naik transportasi umum plat hitam yang bisa dipesan melalui aplikasi gawai. Harganya sudah pasti, meskipun harus rela jalan kaki menjauh dari stasiun.

Kami naik taksi resmi yang mangka di tempat parkir, mobil mesin Amerika yang tidak diproduksi lagi dan hengkang dari Indonesia. Tiwas leha-leha kukira menggunakan argometer, pengemudi bilang kalau tarif batas bawah dari Stasiun Tugu adalah Rp50.000. Apa????? Lima puluh ribu? Kuulangi lagi dengan garis tebal pernyataan pengemudi,
tarif batas bawah dari Stasiun Tugu adalah Rp50.000
Aku langsung mencari di internet berapa sebenarnya tarif minimal taksi dari Stasiun Tugu, tapi tidak ada berita yang mengemukakan hal tersebut. Hanya ada tarif batas bawah taksi online sebesar Rp25.000, separuh dari yang dikatakan orang di belakang setir.


Daripada memperpanjang masalah, kami terima harga itu dengan terpaksa. Kata dia lagi, tarif itu sudah diberlakukan sejak lama (ketahuan tidak bisa menjawab dengan pasti). Padahal istriku menggunakan jasa yang sama bulan Juli 2019 tidak ada aturan tersebut. Kami tetap minta argometer tetap diputar, dan hasilnya sampai di kompleks Universitas Gadjah Mada, argometer menunjukkan angka 32.yyy, bulatkan saja menjadi Rp.35.000. Jadi ongkos yang diminta orang itu lebih mahal Rp15.000 dari argometer.

Pelajaran yang bisa kupetik jika terpaksa naik taksi plat kuning lagi adalah,
  • Sebelum buka pintu, tanyalah lebih dulu kepada petugas resmi atau pengemudi tentang kepastian harga.
  • Gunakan argometer sebagai patokan harga.
  • Pastikan juga tanyakan tarif batas bawah yang dianutnya.
  • Ongkos parkir Stasiun Yogyakarta sebesar Rp.5000 dibebankan pada penumpang.
  • Ternyata ada alternatif taksi lain.
  • Carilah uang dengan halal agar barokah.
Previous Post
Next Post

0 Comments: