Purwokerto - Jogja dengan KA Fajar Utama YK dapat Tarif khusus - metuomah.com

Kamis, 26 Maret 2020

Purwokerto - Jogja dengan KA Fajar Utama YK dapat Tarif khusus

Kami pulang ke Jogja setelah 2 jam duduk-duduk di Purwokerto. Kalau dipikir, kenapa sih hanya sebentar di Purwokerto, nggak rugi? Rugi.... tapi pulang lebih cepat kurasa langkah tepat, keperluan di kota mendoan sudah selesai. Jika mau pulang naik kereta yang nyaman dan murah, harus cepat-cepat 😀.

Sebelumnya, kendaraan kami parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta yang tarif per harinya Rp.10.000, sehingga kami mencari tiket pulang kereta api Purwokerto - Yogyakarta jam siang agar tidak kemalaman dan masih di hari yang sama. Kereta api yang bisa dinaiki antara pukul 06.00-16.00 WiB antara lain,
  • Ranggajati
  • Joglosemarkerto
  • Anjasmoro Ekspres
  • Fajar Utama Solo
  • Gajah Wong
  • Fajar Utama Yk
  • Argo Dwipangga
  • Taksaka
KA Fajar Utama Yogyakarta.
PT KAI memberikan tarif khusus beberapa KA rute Purwokerto - Jogja dan sebaliknya, salah satunya adalah KA Fajar Utama YK. Untuk kereta ekonomi premium hanya Rp.65.000, syaratnya adalah masih ada kursi kosong dan pembelian tiket secara go-show (di loket) 2 jam sebelum keberangkatan. Bisa juga dipesan lewat aplikasi KAI Access kira-kira 10 menit setelah 2 jam, atau 1 jam 50 menit dari jadwal keberangkatan.

Stasiun Purwokerto.
Aku membeli tiket KA Fajar Utama Yk jurusan Stasiun Yogyakarta menggunakan aplikasi. Sesampainya di Stasiun Purwokerto menyempatkan diri cetak fisik sebagai kenang-kenangan 😂, dan bukti untuk ditukar dengan 1 tiket gratis (10 tiket dengan nama sama).

Ruangan Stasiun Purwokerto ternyata ber-AC sehingga cukup nyaman menunggu kedatangan kereta, daripada menunggu di peron. Tapi aku tidak lama di sini karena waktu shalat telah tiba. Lebih baik shalat di mushalla peron agar tidak kemrungsung jika sudah mendekati waktu kedatangan kereta.

KA Fajar Utama YK sebenarnya cukup lama berhenti di stasiun ini untuk pergantian kru dan pengisian air toilet, jadi calon penumpang tidak perlu buru-buru masuk kereta, ini jika tidak terlambat masuk peron lho.
Dalam kA Fajar Utama YK jurusan Jogja.
Meskipun hari Sabtu, kereta ekonomi premium lumayan kosong. Penumpang baru banyak naik dari Stasiun Kutoarjo. Berangkat dari Stasiun Purwokerto tepat waktu, tapi di perjalanan melambat, tertahan 10-15 menit di Stasiun Ijo yang masih satu rel melewati terowongan. Menunggu kereta dari arah Stasiun Kebumen lewat. Januari 2020 jalur ganda terowongan Ijo belum maksimal difungsikan. Meskipun perasaan waktu berangkat sudah melewati jalur ganda.

Kami cukup nyaman naik KA Fajar Utama YK kelas ekonomi premium. Toilet ada di salah satu ujung kereta nomor besar (kalau tidak salah). Dan bisa memilih antara toilet jongkok dan toilet duduk dengan pintu geser. Toilet duduknya kurang nyaman karena mempersempit ruang.

Catatan:
Selama wabah covid-19 di tahun 2020 masih berlangsung, perjalanan KA Fajar Utama YK ditiadakan.

Artikel Terkait:
- Memilih kursi berhadapan kereta api ekonomi premium

Share with your friends