Fota-foto di Studio Alam Gamplong

Kami berangkat ke Studio Alam Gamplong yang masuk Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY pukul 09.00 WIB. Jelaslah kesiangan karena perjalanan dari rumah sekitar 40 menit. Sebelum berangkat sudah terbayang, pasti akan terpapar sengatan matahari di tengah lapangan. Hal itu terbukti setelah sampai di lokasi, kondisi yang tidak ideal untuk sekedar fota-foto. Saranku, jika mau ke sini sebaiknya pagi atau sore, baik untuk kesehatan dan hasil pemotretan.

Aku ke studio 8 Februari 2020 sebelum covid-19 merebak, ramai banget orang liburan ke tempat ini. Pukul 10.00 WiB sampai di tempat dengan menggunakan kendaraan roda dua. Perjalanan lebih lama dari perkiraan peta Google karena tidak hafal medan, dan sempat disesatkan oleh Google melewati jalan alternatif yang jarang dilewati 😃.
Lapangan Studio alam Gamplong.
Dari kejauhan terlihat kemegahan bangunan mirip kerajaan, yang ternyata fatamorgana. Heboh banget mikir, ini bagaimana ya membangunnya? Apalagi areanya luas, konon menurut cerita yang berkembang luasnya mencapai 2 hektar milik pemerintah desa. Studio yang awalnya digunakan untuk syuting film Bumi Manusia, kemudian dibuka untuk umum sebagai wahana wisata. Hingga sekarang meski jarang, ada yang syuting film baru di tempat ini.

Seberang jalan dari lokasi dibangun perwarungan untuk melayani pengunjung dan tempat parkir di lapangan. Cukup bersih, tapi panas tidak ada pepohonan yang memayungi. Kami parkir di tempat ini, saat diberi karcis masuk kusodorkan sejumlah uang kepada penjaga. Dia berkata,"Ini mau dikembalikan berapa?"

Kujawab, "Tidak usah." kupikir sudah include masuk ke area. Setelah menyeberang jalan ternyata ada biaya masuk lagi 😂. Akhirnya akupun memasukkan sejumlah uang ke trempolong yang diletakkan di tengah gapura masuk.
Perahu styrofoam yang tergenang air.
Kami lalu berdiri di tepi lapangan luas, orang-orang pada pergi ke mana ya? Rupanya terbagi 3 destinasi, ada yang langsung menyeberang sungai buatan, ada yang masuk ke museum, dan ada yang ngadem ke rumah-rumah kecil yang dibuat untuk kepentingan film.

bersambung..

Tarif Studio alam Gamplong
- parkir motor : sukarela
- masuk studio: sukarela
- museum        : Rp.10.000
- gawai/tab      : gratis
- kamera digital/mirrorless/DSLR: tidak tahu

Komentar