Perdana Beli Es Teler Pak Yoto Pogung - metuomah.com

Jumat, 24 Juli 2020

Perdana Beli Es Teler Pak Yoto Pogung

Sore hari main ke kampung Pogung Kidul, Mlati Sleman DI Yogyakarta, malah ada yang ngasih kabar ada warung es baru buka. Langsung tancap gas deh 😁. Kampung ini berada di utara Fakultas Teknik UGM. Warung yang dimaksud adalah Es Teler dan Sup Buah Pak Yoto. Kata warga sekitar, es telernya uenak puol. Makanya aku penasaran beli, meskipun di rumah sudah banyak makanan 😃.
Es teler Pak Yoto.
Warung ini ada di deretan warung-warung seberang Selokan Mataram Pogung. Pemilik warung ini tutup sudah puluhan tahun, dulu letaknya di timur Mbak Tini Crisbar. Tempat tersebut dijual kemudian sewa tempat timurnya yang lebih lebar. Pak Yoto, pemilik warung tersebut bercerita bahwa hari ini (24 Juli 2020) warungnya baru buka kembali. Dia merenovasi sendiri warung tersebut selama sebulan.
Membuat es teler.
Konon, di warung sebelumnya (sebelum dijual), Pak Yoto berjualan es teler, es buah, dan bakso. Sekarang warungnya tidak menyediakan bakso, diganti dengan soto dan lontong sayur. Menu andalan tetap dipertahankan, es teler dan es buah.
Dapur warung.
Menjelang maghrib aku ke warung tersebut, satu buah sudah habis 😕. Sebaiknya jangan sore-sore ke sini, entar kehabisan. Niat dari rumah beli untuk dibawa pulang. Sambil menanti pesanan, aku diperbolehkan memotret. Lumayan dapat bahan tulisan 😀.

Bahan dasarnya ada krimer Frisian Flag cokelat, kelapa muda alias degan, nangka, nanas, santan, tape ketan, dan juruh. Es yang dipakai adalah es serut. Seplastik es teler setelah dituangkan, memenuhi mangkuk bakso. Sedikit digoyang kasar dengan sendok, bisa tumpah isinya 😂.

Entah bagaimana resepnya, rasa es telernya enak manisnya pas. Campurannya pas sehingga tidak terlalu manis. Jangan bandingkan dengan es teler 2 digit angka ya, tentu saja beda 😊. Dengan Rp.9.000 aku sudah mendapatkan es teler yang menyegarkan untuk buka puasa.

Hae-hae, waktu aku nulis ini ada di awal bulan Dzulhijah 1441 H. Banyak kaum muslimin yang berpuasa di awal bulan haram ini.

Share with your friends