Kambing Guling Juara dan Nasi Kebuli ala Dappoermu - metuomah.com

Senin, 06 September 2021

Kambing Guling Juara dan Nasi Kebuli ala Dappoermu

Tempat kuliner di Jogja seperti tak pernah mati, meskipun diterjang krisis akibat C-19 para pengusaha tetap eksis. Ada sih restoran dan warung yang tutup karena alasan pandemi, tapi yang bertahan dan baru buka malah lebih banyak. Satu tempat kuliner (aku baru tahu tempatnya pekan lalu) adalah Dappoermu yang berada di Jogja utara. Dibuka Juli 2021 lalu, Dappoermu sudah menarik banyak pengunjung, apa sih yang menarik dari tempat tersebut? Baca terus sampai bawah ya..

dappoermu besi-sleman
Dappoermu.

Dappoermu terletak di Jl. Nglengkong Besi No.11, Area Sawah, Sukoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581. Rute termudah menuju lokasi dari kota Jogja versiku adalah melalui pertigaan lampu merah Jl. Kaliurang - Besi kemudian ke timur (Jl. Besi - Jangkang). Setelah jembatan Sembung Besi dan temukan ruko cuci motor & helm di selatan jalan (ingat, hanya cuci motor) yang berada di persimpangan jalan. Nah, lokasi Dappoermoe masuk ke jalan sebelah timur ruko cuci motor itu. Mau naik kendaraan umum juga bisa dengan Teman Bus jurusan Pakem - Ngemplak - Bandara Adi Sucipto (K3). Turun di halte SD Negeri Selomulyo lanjut jalan kaki 800 m ke lokasi.

ruang utama dappoermu
Ruang utama Dappoermu.

Tempat parkir bisa memuat belasan mobil, bangunan utama berbentuk limasan dengan beberapa meja dan kursi, sisi utara khusus untuk kopi, meja saji menu makanan. Dapurnya sendiri bisa diakses melalui pintu utara tempat kuliner ini. Sisi selatan dan belakang bangunan utama digunakan pula beberapa meja kursi untuk pengunjung.

Sisi belakang.

Bagian belakang ternyata masih luas, ada 3 "Kandang" semacam gazebo versi Jawa ukuran ±3,5x2meter. Paling belakang adalah tempat shalat yang cukup memadai untuk berjamaah 2 shaf, sedangkan di tengah terdapat 4 meja payung yang masing-masing terdapat 4 kursi.

Luar ruangan dappoermu

Suasasanya outdoor cukup nyaman untuk ngobrol bersama keluarga di sore dan malam hari, dengan ditemani lampu bolam yang menggantung dari ruang utama hingga ke belakang. Siang hari mungkin kurang tepat jika bersantai di bawah payung, karena pohon-pohonnya masih kecil dan daunnya belum rindang. Kayaknya menarik nih jika ada pohon Talok, tapi akan kerepotan untuk membersihkan daun-daunnya yang terus berguguran, hehe.

kopi dappoermu
Silakan pilih kopi apa.

Untuk menu minuman, kulihat mayoritas pengunjung memesan kopi, aku sendiri cuma memesan es jeruk 😁. Lihat daftar menunya, beragam kopi bisa dipesan di sini. Kopi Aceh Gayo, Papua Ambaidiru, dan Wamena Black Gold bisa dipilih. Tinggal mau dibuat Espresso, Americano, Kopi Susu, Latte Maniak, V60, Vietnam Drip, atau kopi tubruk silakan langsung pesan kepada barista.

Alternatif selain kopi juga tersedia banyak kok. Aku pilih es jeruk biar cepet saja biar tidak dehidrasi. Harusnya dari awal pesan minum dulu, bukan malah berkeliling dan melihat kambing guling 😂.

Menu spesial Dappoermu adalah nasi kebuli dan kambing guling. Yang terakhir disebut adalah menu baru dan diresmikan akhir Agustus 2021. Untuk bisa menyantap kambing guling harus reservasi dulu, dan hanya ada di akhir pekan. Persiapan memasak kambing guling cukup lama, butuh waktu 1,5 hingga 2 jam (di luar penyembelihan - pengulitan) untuk mencapai kematangan haqiqi.

kambiang guling di atas bara
Kambing guling.

Pengunjung bisa menikmati proses "penggulingan kambing" di atas bara, dengan koki spesial kambing guling yang tergabung dalam Juleha (Juru Sembeleh Halal). Sehingga insya Allah kambing telah disembelih secara halal.

Matangnya daging kambing yang diguling lebih sempurna daripada sate. Bila ada daging yang terlewat dari bara api, potongan daging dimatangkan di atas pan. Yang kusuka dari menu ini selain semuanya matang, daging tidak ada yang gosong.

Kambing guling Dappoermu benar-benar empuk, bumbunya pun merasuk ke semua lini. Apalagi dicocol dengan sambal kecap bawang merah, masya Allah nikmatnya melebihi sate kambing 😊.

Untuk nasi kebuli menggunakan beras basmati import dari India atau Pakistan. Nasi kebuli memang menu Indonesia yang diadaptasi dari masakan Timur Tengah yaitu nasi biryani dan Kabuli bulau (palao), keduanya menggunakan beras basmati sebagai bahan dasar.

Beberapa pilihan topping nasi kebuli di sini, yaitu nasi kebuli kambing, ayam, ikan nila, telur, dan tahu tempe. Spesial yang kumakan adalah nasi kebuli thok dengan kerupuk 😀, sebenarnya ada emping melinjo tapi aku menghindarinya, hehe 😋. Nasi kebuli ini cocok dimakan bersama kambing guling.

Rasa nasi kebuli Dappoermu sangat bersahabat dengan lidah Jawa, pun tidak pedas merica maupun cabe (sambal terpisah) sehingga anak-anak bisa menyantapnya dengan aman. Bumbu rempahnya taraf sedang, tidak menyengat dan porsinya pas. Tidak ada taburan kismis di sini, tapi ada tambahan irisan buah tomat.

Dari banyaknya menu Dappoermu, yang paling menarik bagiku adalah kambing guling, aku berani merekomendasikan karena sudah mencoba dan benar-benar enak. Apalagi dipadukan dengan nasi kebuli, top banget.

Share with your friends